0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemilu, Partai di Solo Pilih Kampanye Dialogis

Wakil Ketua Bidang Organisasi DPC PDIP Solo, YF Soekasno (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo – Sejumlah partai di Solo menyatakan akan lebih menggunakan metode kampanye dialogis daripada metode kampanye yang bersifat pengerahan massa. Kampanye dialogis dinilai lebih efektif daripada kampanye yang mengerahkan massa.

“Kalau kami memang sepakat dengan cara itu. sebab memang yang namanya kampanye, akan lebih efektif jika dilakukan dengan cara dialogis. Tidak harus menggunakan hiburan untuk mengumpulkan masa yang luar biasa banyaknya,” ujar Ketua DPD PAN Solo, Umar Hasyim kepada Timlo.net, Rabu (16/1).

Dikatakan Umar, dengan kampanye yang bersifat dialogis dapat menjadi sarana pendidikan politik. Tidak hanya ini, kampanye model tersebut juga akan memeinimalisir benturan, lebih mengontrol emosional masyarakat dan lebih memelihara ketertiban umum

Pendapat senada disampaikan Wakil Ketua Bidang Organisasi, Keanggotaan dan Rekruitmen DPC PDIP Solo YF Sukasno. Menurutnya,  dalam beberapa tahun ini PDIP Solo telah menjalankan sistem kampanye dialogis. “Masyarakat Solo sudah semakin dewasa. Maka kita gunakan juga cara-cara yang lebih dewasa. Sudah tidak saatnya pengerahan massa banyak yang justru membuat kemacetan dan mengganggu ketertiban umum,” terangnya.

Dikatakan Sukasno, bagi partai moncong putih ini, kampanye tidak diartikan saat pemilu saja.Mengingat selama ini visi misi partai telah disosialisasikan ke masyarakat. Sistem yang saat ini berjalan, kader partai yang berada di eksekutif didorong untuk melakukan kebijakan partai. Sedangkan yang berada di ranah legislatif cenderung akan mengamankannya. Selain itu, PDIP juga telah melaukan konsolidasi hingga di tingkat ranting. “Dan itu sudah kita lakukan secara rutin,” terangnya.

Disisi lain, Partai Demokrat juga tidak mau ketinggalan. Partai berlambang Mercy ini mengaku memilih metode bertemu masyarakat secara langsung. “Mekanismenya nanti kita turun ke bawah ketemu dengan masyarakat secara langsung. Untuk setiap calon legislatif (Caleg) yang telah kami beri pengarahan di setiap deaerah pemilihan,” ungkap Sekretaris DPC Partai Demokrat Solo, Supriyanto.

Menurutnya, partai telah memberi instruksi kepada seluruh caleg untuk kampanye yang lebih kepada penyampaian program-program dari pemerintah pusat maupun internal partai. “Dan itu bersifat silent, tidak ada keramaian. Namun lebih bersifat interaktif dan dialogis agar lebih efektif dan mengena. Itu yang sudah kami instrusikan ke empat dapil di Solo,” tukasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge