0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

10 Jalur Evakuasi Lereng Merapi Diperbaiki

Pembangunan jalur evakuasi lereng Gunung Merapi (dok.timlo.net/nanin)

Boyolali — Pemkab Boyolali akan memperbaiki 10 titik jalur evakuasi di lereng Gunung Merapi. Perbaikan jalur evakuasi tersebut masuk dalam program recovery pasca letusan Merapi. Dari 10 titik jalur evakuasi yang akan diperbaiki tersebar di dua kecamatan, yakni Kecamatan Selo dan Cepogo.

Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali Kenthut Haryono mengungkapkan pembangunan jalur evakuasi sebagai tindak lanjut selesainya program recovery di lereng Merapi tahun 2012 lalu. Untuk tahun ini, prioritas pembangunan dititik beratkan pada infrastruktur jalan,termasuk didalamnya jalur evakuasi.

“Tahun ini dititik beratkan pada infrastruktur,khususnya jalur Evakuasi,” tandas Kenthut di kantornya, Rabu (16/1).

Diakui, pelaksanakan berbagai proyek tersebut, pihaknya menggandeng bebagai pihak terkait. Seperti DPU-ESDM, Disdikpora, Diperindag, Disnakan, Dispertanbunhut, Diskop-UKM, dan masih banyak lagi. Selain itu juga melibatkan pihak ketiga dan swasta.

Berbagai pembangunan fisik, DPU-ESDM menangani sembilan paket proyek, Disdikpora satu proyek, Disperindag satu proyek. Sisanya adalah proyek non fisik. Seperti pemberian bantuan hewan ternak, bibit sayur, bibit pohon.

Di sisi lain, Sekretaris Daerah Boyolali Sri Ardiningsih menyatakan, untuk pembangunan wilayah rawan bencana di lereng Merapi, pemkab menyediakan anggaran sebesar Rp 7,9 miliar. Pembangunannya diutamakan pada infrastruktur, seperti jalan, talud dan jembatan.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge