0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Karanganyar Jadi Pusat Wisata Kuliner Durian

Bupati Karanganyar Rina Iriani saat panen durian (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar — Pemerintah Kabupaten Karanganyar mengembangkan tanaman durian lokal karena memiliki nilai ekonomi tinggi dan diharapkan kelak menjadi sentra buah durian.

“Saya minta pohon durian yang umurnya sudah tua dan tidak produktif bisa diganti jenis tanaman serupa yang unggul, dan Dinas Pertanian Perkebunan dan Kehutanan setempat bisa memberikan bimbingan kepada para petani,” kata Bupati Karanganyar Rina Iriani SR ketika panen perdana buah durian lokal di Desa Ploso, Kecamatan Jumapolo, Rabu (16/1)

Lebih lanjut Bupati mengatakan sejak dahulu daerah 4J yakni Jumapolo, Jumantono, Jatiyoso, Jatipuro serta Matesih sudah terkenal menjadi pusatnya buah durian. Diharapkan dengan penanganan yang lebih baik akan menjadi jujugan dan pusat wisata kuliner durian.

Ia menambahkan daerah yang berada di lereng Gunung Lawu dengan hawa yang sejuk ini cocok untuk dikembangkan tanaman durian. “Tapi sayang untuk musim panen durian tahun ini tidak sebanyak tahun lalu. Hal ini salah satunya disebabkan karena pengaruh iklim yang kurang menguntungkan,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge