0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ratusan Guru Agama Solo Dialihkan ke Disdikpora

Solo — Ratusan guru agama yang mengajar di sekolah umum tahun ini akan ditarik pembinaanya dari Kementerian Agama (kemenag) Kota Solo lalu dialihkan ke Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora).

Hal ini berkaitan dengan dikeluarannya putusan dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), di mana  guru pendidikan agama yang mengajar di sekolah umum akan ditarik pembinaannya di bawah Kemendikbud mulai tahun 2013. Sebelumnya guru agama berada di bawah tanggung jawab dan kewenangan Kemenag.

Kasubag TU Kemenag Kota Solo Syamsuddin menjelaskan, ada sekitar 120 guru agama yang akan dialihkan pembinaannya di bawah Disdikpora. Jumlah tersebut terdiri dari 17 guru agama di SMA, 36 guru agama di SMP, 53 guru agama di SD dan 14 guru di SMK.

“Akan tetapi sampai saat ini belum ada instruksi dari pusat terkait alih status 120 guru agama yang mengajar di sekolah umum. Kami belum menerima edaran jadi kami sifatnya hanya menunggu dari pusat,” paparnya saat ditemui wartawan di ruang kerjanya, Rabu (16/1).

Ditambahkan, selama ini tunjangan sertifikasi untuk sejumlah guru agama tersebut masih masuk dalam daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) Kemenag kota Solo. Oleh karena itu tunjangan sertifikasi guru agama masih menjadi kewenangan Kemenag. “Tunjangan sertifikasi di tahun 2013 maupun tunjangan kekurangan di tahun 2011 dan 2012 juga sudah masuk ke DIPA kami. Maka kami belum bisa bertindak lebih lanjut, secara teknisnya bagaimana kami menunggu surat edaran dari pusat,” katanya.

Penarikan guru pendidikan agama ini, menurutnya hanya terjadi di sekolah-sekolah umum atau bukan madrasah atau sekolah agama lainnya. Dengan dialihkannya di bawah Disdikpora maka akan memudahkan dalam hal pemantauannya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge