0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pertunjukan 1001 Patung Digelar di Klaten

Salah satu hasil karya patung dari seniman Sanggar Lima Benua Klaten (dok.timlo.net/indratno eprilianto)

Klaten —  Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Kabupaten Klaten bersama seniman dari Sanggar Lima Benua akan menggelar pertunjukan seni patung dengan tema 1001 patung, Sabtu (19/1) mendatang.

Pendamping dari Sanggar Lima Benua, Hari Purnama, mengatakan pertunjukan seni 1001 patung akan melibatkan banyak seniman patung. Para seniman itu akan keliling Kota Klaten dengan penampilan ala patung.

“Para seniman akan dibalut dengan format patung. Mereka turun ke jalan dan berhenti di setiap kantor atau instansi. Sekaligus pertunjukan itu nanti dibuat film dokumenter seni patung,” ujar Hari, Rabu (16/1).

Hari menjelaskan, rangkaian perhelatan seni 1001 patung diawali dengan kegiatan pameran pelangi bertajuk ‘Dari Klaten untuk Indonesia’ yang digelar Selasa (15/1) malam. Dalam kegiatan itu sekaligus penandatanganan karya seni oleh Ketua Kadin Kabupaten Klaten, Otto Saksono.

“Kemudian kegiatan dilanjutkan pada hari ini, (Rabu, 16/1), dengan menggelar diskusi kebudayaan bersama seniman Bumi Langit Solo. Materinya kontemporer art pop lokal realisem,” kata Hari.

Selanjutnya, kata Hari, pada Kamis (17/1), digelar workshop melukis grafiti di Cafe Radio bersama Street Art Klaten. Puncak kegiatan digelar pertunjukan seni 1001 patung dengan turun ke jalan berama seniman patung pada Sabtu (19/1).

“Pada puncak acara itu akan ditutup dengan pameran karya seni di Cafe Radio Klaten oleh Street Art,” ujar Hari.

Sementara itu, Wakil Ketua Kadin Kabupaten Klaten, Tarmudji, mengatakan kegiatan bersama seniman patung itu sebagai proses pembelajaran keterampilan untuk memahami kreatifitas. Dengan kegiatan itu diharapkan bisa membawa Klaten ke kancah nasional maupun internasional.

“Potensi lokal di Klaten ini sebenarnya sangat banyak, terutama dalam hal seni patung. Kami berharap pematung Klaten bisa bersatu, sehingga bisa membawa Klaten menuju Indonesia dan dunia,” ujar Tarmudji.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge