0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Gerakkan Pemberantasan Sarang Nyamuk

Cegah Chikungunya, Puskemas Kumpulkan Kepala Desa

Kepala Puskesmas Tawangsari, Yuni Istianti (dok.timlo.net/sahid sutanto)

Sukoharjo — Mencegah meluasnya virus Chikungunya di Kecamatan Tawangsari, Sukoharjo, pihak Puskesmas setempat mengumpulkan kepala desa se-kecamatan. Dikumpulkannya para Kades tersebut sebagai bentuk sosialisasi untuk menginstruksikan warga masing-masing desa, menggerakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN).

Kepala Puskesmas Tawangsari Yuni Istianti mengatakan, seluruh kepala desa sudah dikumpulkan pasca ditemukannya kasus Chikungunya di 3 desa di Kecamatan Tawangsari. Puskesmas bekerja sama dengan Pemerintah Kecamatan menginstruksikan warga Tawangsari menggerakkan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) untuk pencegahan meluasnya virus Chikungunya.

“Setelah ada temuan Chikungunya di 3 desa yakni Watubonang, Pojok dan Pundungrejo, saya langsung koordinasi dengan Pak Camat Tawangsari. Kita kumpulkan seluruh kepala desa dan menginstruksikan PSN,” ujar Yuni Istianti.

Yuni menjelaskan, pemberantasan sarang nyamuk (PSN) merupakan cara yang paling optimal membunuh nyamuk yang membawa virus Chikungunya maupun demam berdarah. Oleh karena itu, PSN diharapkan dilakukan optimal di seluruh desa di Kecamatan Tawangsari.

“Saya minta Pak Kades dapat menggerakkan warga untuk PSN, sehingga tidak akan ada nyamuk pembawa Chikungunya maupun demam berdarah. PSN dilakukan dengan menguras tempat penampungan air, tidak membiarkan genangan air lama, menutup tempat air dan juga PHBS,” tutur Yuni.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge