0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Banjir, SAR Sukoharjo Waspadai 7 Sungai

Mukhlis Wakil Komandan SAR Sukoharjo, Menunjukkan Peta Aliran Sungai Yang Diwaspadai Meluap (Dok. timlo.net/ Sahid B Sutanto)

Sukoharjo — Menyikapi masih tingginya curah hujan belakangan ini, Tim Search And Rescue (SAR) Kabupaten Sukoharjo siaga aktif. Secara khusus, SAR Sukoharjo mewaspadai 7 sungai yang bisa meluap saat terjadi banjir.

Wakil Komandan SAR Sukoharjo Muklis mengatakan, selain mewaspadai luapan Sungai Bengawan Solo, SAR juga mewaspadai luapan 6 sungai kecil yang bermuara ke Bengawan Solo. Keenam sungai  tersebut di antaranya Kali Buntung, Kali Ranjing, Kali Samin, Kali Bedodo, Kali Dengkeng dan Kali Brambang.

“Kita masih siaga. Di Mako SAR setiap harinya di jadwalkan piket 6 anggota SAR. Seluruh perlengkapan juga di siagakan, agar sewaktu-waktu terjadi bencana, kita langsung siap,” ujar Muklis, Rabu (16/1).

Wilayah yang paling rawan dan terparah terkena dampak luapan Sungai Bengawan Solo adalah Kampung Nusupan di Desa Kadokan. Untuk itu, SAR juga menyiagakan perahu karet di Nusupan sebagai persiapan evakuasi warga saat terjadi banjir.

“BNPB juga sudah mengecek lokasi di Nusupan, Desa Kadokan, Grogol beberapa waktu lalu. Karena memang wilayah itu yang terparah terkena dampak banjir. Kita siaga karena diperkirakan kondisi cuaca masih sangat ekstrim hingga 60 hari kedepan,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge