0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Untung Wiyono Kembalikan Uang Negara?

Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sragen, Gatot Gunarto (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Pasca penyerahan diri mantan Bupati Sragen, Untung Sarono Wiyono Sukarno ke Kejaksaan Tinggi (Kejati) Jawa Tengah, Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Sragen Gatot Gunarto menyatakan tidak ingin berandai-andai terkait pengembalian uang negara senilai Rp 10,5 miliar. Pasalnya pengembalian uang hasil korupsi dari dana Kas Daerah (Kasda) tersebut juga termasuk bagian eksekusi yang harus diganti oleh terpidana.

Untuk itu Gatot mengaku akan mempelajari terlebih dahulu petikan putusan Mahkamah Agung (MA). Gatot memilih berhati-hati dan tidak bersedia berkomentar lebih jauh tentang  kemungkinan Untung Wiyono bakal mengembalikan dalam bentuk uang. Sebab masih ada alterntif yaitu dengan cara menjalani hukuman tanpa harus mengembalikan uang.

“Ada alternatif kalau tidak membayar denda atau uang pengganti maka menjalani hukuman. Kami belum tahu apakah dia bisa bayar atau tidak. Kami akan memberikan penawaran kesanggupan membayar. Kami juga akan mempelajari petikan putusan soal pengembalian,” kata Gatot ketika ditemui wartawan di depan Kantor Kejari Sragen, Selasa (15/1).

Berdasarkan putusan MA No. 1361 K/PID.SUS/2012 atas nama terdakwa H Untung Sarono Wiyono Sukarno, disebutkan Untung dipidana 7 tahun penjara dan denda Rp 200 juta. Apabila denda tidak dibayar maka diganti pidana kurungan selama 6 bulan. Selain itu juga diwajibkan membayar uang pengganti kerugian negara sebesar uang yang digunakan yakni Rp 11 miliar atau setara 5 tahun penjara.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge