0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemanfaatan Kawasan Gunung Merapi Tunggu Presiden

(Ilustrasi) Kawasan lereng Gunung Merapi di Desa Balerante, Kemalang, Klaten. (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten — Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten masih menunggu Rancangan Peraturan Presiden (Raperpres) tentang pemanfaatan kawasan Gunung Merapi. Pemanfaatan tersebut termasuk tentang persoalan tata ruang.

“Raperpres tersebut yang nantinya digunakan sebagai dasar dalam pemanfaatan tata ruang untuk kawasan Gunung Merapi,” ujar Kepala Bidang Rehabilitasi dan Rekonstruksi BPBD Klaten, Wachju Adhy Pratomo, kepada wartawan, Selasa (15/1).

Wachju menjelaskan, dalam pemanfaatan tata ruang tersebut bisa diketahui lokasi mana saja yang boleh dijadikan pemukiman penduduk dan mana yang tidak boleh. Namun berdasarkan peta area terdampak erupsi dan lahar dingin, wilayah Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Klaten termasuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB).

“Wilayah Desa Balerante, Kecamatan Kemalang memang masuk dalam KRB, sehingga perlu segera direlokasi. Hanya saja belum semua masyarakat di daerah itu bersedia untuk direlokasi ke tempat yang lebih aman,” ujar Wachju.

Ia menerangkan, proses tawar menawar antara warga Desa Balerante dengan pemerintah sebenarnya telah berlangsung lama, namun belum membuahkan hasil. Bahkan sampai pada batas akhir program relokasi akhir tahun 2012 lalu, juga belum ada kesepakatan antar keduanya.

“Sebenarnya sudah ada 165 Kepala Keluarga (KK) yang menyatakan bersedia direlokasi, dengan catatan lokasi di Dukuh Bendorejo, Desa Balerante. Sedangkan dari pemerintah menyediakan lahan di Dukuh Tegalweru, Desa Balerante,” jelasnya.

Kendati demikian, kata Wachju, BPBD masih membuka peluang bagi warga terkait relokasi. Sebab kegiatan dari rehabiliasi dan rekonstruksi masih berlangsung hingga akhir 2013.

“Hingga saat ini dana untuk program relokasi masih tersimpan utuh di BPBD Klaten sebesar Rp3,1 miliar. Dana tersebut berasal dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang memang disiapkan untuk relokasi,” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge