0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Makanan Cepat Saji Sebabkan Asma dan Eksim

Timlo.net — Makan makanan cepat saji tiga kali atau lebih dalam seminggu dihubungkan dengan sebuah resiko lebih besar bagi anak-anak untuk terkena asma dan eksim parah. Demikianlah hasil sebuah penelitian.

Para remaja yang maka tiga atau lebih makanan cepat saji setiap minggu memiliki kenaikan resiko sebesar 39 persen untuk terkena asma parah.  Sementara anak-anak yang lebih muda mengalami kenaikan resiko sebesar 27 persen, demikian hasil sebuah penelitian terhadap 319 ribu remaja di 51 negara bagian dan 181 ribu anak berusia 6 hingga 7 tahun di 31 negara. Penelitian ini yang dipimpin oleh peneliti di Universitas Auckland di New Zealand, diterbitkan hari ini di jurnal Thorax.

Penelitian ini tidak membuktikan bahwa makan makanan cepat saji lebih banyak menyebabkan kondisi penyakit asma atau eksim lebih parah. Tapi makanan cepat saji bisa menyebabkan kambuhnya asma atau eksim.

Di sisi lain, makan buah tiga kali atau lebih dalam seminggu mengurangi resiko terkena  kedua penyakit itu.

“Yang nampak jelas dalam penelitian ini adalah bahwa buah dan sayuran memiliki faktor perlindungan dan makanan cepat saji adalah faktor resiko,” kata Gabriele Nagel, seorang peneliti senior di Institute of Epidemiology and Medical Biometry di Ulm University di Jerman dilansir dari Bloomberg.com.

Makanan cepat saji meliputi burger, ayam goreng tepung dan makanan-makanan sejenis lainnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge