0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Weleh! 144 PNS Solo Dapat Kartu Jamkesmas

Kepala DKK Solo Siti Wahyuningsih menunjukkan kartu Jamkesmas yang rusak (dok.timlo.net/dhefi nugroho)

Solo —  Sebanyak 144 kartu Jamkesmas di Kota Solo yang sudah didistribusikan diketahui atas nama Pegawai Negeri Sipil (PNS). Nantinya, Dinas Kesehatan Kota (DKK) akan melaporkan hal itu ke Kementerian Kesehatan untuk dilakukan revisi mengingat kewenangan pencabutan Jamkesmas ada di Kemenkes.

Dari 85.729 kartu Jamkesmas yang didistribusikan di Solo, 860 penerimanya sudah meninggal, 612 sudah pindah, 2.553 tidak diketahui alamatnya, 3 orang kaya, 144 PNS dan 103 dobel kartu. “Yang 144 kartu (diterima PNS) itu akan dilaporkan ke Pemerintah Pusat, mengingat wewenang pencabutan Jamkesmas ada di Kementrian Kesehatan bukan Pemerintah Kota,” ujar Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail usai Rapat Koordinasi antara Komisi IV DPRD Solo dengan DKK, BPS dan Bappeda, Selasa (15/1) di DPRD Solo.

Dijelaskan, PNS tidak boleh menerima Jamkesmas karena sudah memiliki kartu asuransi kesehatan dari PT Askes. “Laporan BPS tadi, munculnya PNS dalam penerima Jamkesmas karena dalam pendataan BPS tidak menyentuh item PNS atau tidak. Hanya ada 9 lapangan pekerjaan dimana pekerjaan PNS tidak masuk di dalamnya. Dalam pendataan, pekerjaan PNS dikategorikan dalam kategori jasa,” terang Ghofar.

Menurutnya, proses distribusi kartu Jamkesmas di Solo belum selesai. Dari 145.653 database penerima Jamkesmas, baru 135. 412 kartu yang diterima Pemkot Solo. Sisanya 10.000 an kartu diduga nyasar ke daerah lain. “Kurang segitu itu mungkin nyangkut di daerah lain. Masih akan dikroscek lagi ke Pemerintah Pusat,” ujarnya.

Dicegat usai rapat dengan Komisi IV, Kepala BPS Solo, Toto Desanto mengatakan pihaknya hanya melakukan pendataan, sementara yang memilah data adalah pemerintah pusat. ” Pendataannya pendataan BPS tahun 2011. Kami hanya melakukan pendataan, sementara yang memilah adalah pemerintah pusat,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge