0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Produksi Gula PTPN IX Tembus 1,4 Juta Kwintal

PTPN IX-Seorang pejalan kaki melintas di depan kantor PT Perkebunan Nusantara (PTPN) IX (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — PT Perkebunan Nusantara IX (Persero) di sepanjang 2012 lalu berhasil memroduksi lebih dari 1,4 juta kwintal gula putih dengan mutu superior high sugar (SHS).

Jumlah ini, menurut kepala urusan personalia setempat, Bambang Wicaksono, jauh lebih besar ketimbang capaian produksi tahun sebelumnya sebesar 1,1 juta kwintal gula putih dengan mutu serupa.

Ia merinci, realisasi produksi gula PTPN IX pada 2012 mencapai 1.415.901 kwintal gula SHS yang mana 554.990 kwintal di antaranya merupakan hasil produksi pabrik-pabrik gula. Sementara sisanya hasil dari petani.

Adapun pada 2011, jumlah pencapaian produksi gula tercatat sebesar 1.115.295 kwintal gula SHS yang mana 473.872 di antaranya merupakan hasil produksi pabrik-pabrik gula, sementara sisanya hasil dari petani.

Peningkatan kapasitas produksi ini selain dipengaruhi faktor cuaca, dikatakan Bambang juga tidak lepas dari unsur lain seperti penggunaan mesin-mesin baru. PTPN IX sendiri melakukan proses giling pada bulan-bulan kering, yakni pada Mei hingga Oktober, sehingga produksi gula bisa optimal.

“Makin kering, rendemen makin tinggi, sehingga produksi gula makin banyak. Rata-rata tingkat rendemen mencapai 7,15 persen,” pungkasnya, saat ditemui wartawan di kantor setempat, Selasa (15/1).



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge