0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ternyata, Batuk Bisa Berlangsung 2 Minggu

Batuk. (Dok:Timlo.net/Google Images)

Timlo.net — Di musim hujan seperti ini, batuk dan pilek adalah dua penyakit yang sering mengintai kita. Nah, seringkali orang yang sudah terlanjur menderita batuk bertanya kapan batuk mereka akan sembuh.

Menurut kebanyakan dokter, ternyata batuk bisa berlangsung hingga 18 hari. Padahal menurut sebuah penelitian baru, banyak orang mulai was-was bila mereka masih menderita batuk setelah lima atau sembilan hari.

“Batuk bisa berlangsung lebih lama dari yang kita pikirkan,” kata peneliti Mark H Ebell MD, seorang dokter keluarga di Universitas Georgia di Athens, Amerika Serikat (AS).

“Orang cenderung berpikir batuk harusnya sembuh setelah paling lama seminggu, tapi kenyataannya batuk bisa berlangsung lebih dari dua minggu,” terangnya.

Dalam penelitian baru itu, para peneliti bertanya kepada 500 orang dewasa di Georgia berapa lama batuk seharusnya berlangsung di dalam situasi berbeda seperti misalnya dengan atau tanpa demam. Mereka membandingkan jawaban ini dengan yang mereka temukan di literatur medis.

Intinya adalah: Ada perbedaan antara bagaimana orang berpikir berapa lama sebuah batuk berlangsung sebelum sembuh dan realitas yang ada. Penemuan ini dimuat dalam jurnal Annals of Family Medicine edisi Januari-Februari.

Antibiotik Tidak Sembuhkan Batuk

Banyak orang di dalam penelitian tersebut telah mengambil antibiotik sebelumnya untuk batuk mereka. Dan mereka cenderung percaya bahwa antibiotik membantu menyembuhkan batuk. Tapi antibiotik tidak melawan virus, dan menggunakan obat ini saat mereka tidak dibutuhkan bisa membuat terjadinya resistansi antibiotik.

Walaupun orang yang mengonsumsi antibiotik untuk batuk karena virus pilek merasa baikan setelah tujuh hari, hal ini biasanya terjadi karena batuk semubh dengan sendirinya. “Orang berpikir bahwa antibiotik manjur, tapi sebenarnya batuk sembuh dengan sendirinya,” kata Ebell dikutip oleh WebMD.com.

Tapi tetap saja kita harus waspada bisa batuk Anda memiliki tanda-tanda seperti berikut:

-Dahak berwarna coklat atau bercampur darah

-Demam

-Menggigil

-Badan linu

– Gejala serangan yang tiba-tiba

-Suara serak

-Masalah menelan

Penderita penyakit paru-paru kronis seperti asma seharusnya menangani batuk mereka dengan lebih serius.

“Batuk berlangsung 10 hari adalah batuk yang normal,” kata Henry Milgrom, MD. Dia adalah profesor penyakit anak-anak di National Jewish Health di Denver, AS.

Tapi dia berkata bila seseorang menderita batuk berdahak dan demam, ada kemungkinan terjadi pneumonia (radang paru-paru) atau sinusitis atau penyakit menular lain yang bisa diobati. Oleh karenanya, orang tersebut harus segera memeriksakan diri ke dokter.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge