0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Diancam Abstain, Pemilihan Wawali Tetap Jalan

FX Hadi Rudyatmo (Eks Ketua Persis Solo). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Proses pemilihan Wakil Walikota (Wawali) Solo oleh DPRD tetap akan berjalan. Meski, beberapa fraksi ada yang mengancam akan abstain ataupun walk out saat pemilihan Wawali mendatang.

Saat ini, 6 nama calon Wawali  sudah ada di tangan DPP PDIP selaku partai pengusung pemenang Walikota-Wawali sebelumnya. Keenamnya juga sudah menjalani fit and proper test di Jakarta. Dari 6 nama tersebut, tinggal dipilih dua nama yang akan bertarung di tingkat DPRD untuk memperebutkan posisi Wawali.

Ketua DPC PDIP Kota Solo Hadi Rudyatmo mengatakan pemilihan Wawali tetap akan berjalan meski ada upaya penjegalan lewat abstainnya sejumlah fraksi DPRD. “Monggo, silahkan mau abstain, itu hak mereka. Namun yang jelas, sesuai mekanismenya, pemilihan tetap jalan,” katanya kepada wartawan, Selasa (15/1).

Salah satu fraksi yang mengancam melakukan abstain saat sidang paripurna mendatang adalah Fraksi Demokrat. Fraksi ini mengancam melakukan abstain apabila 2 nama calon Wawali yang diajukan tidak sesuai dengan kriteria partainya. “Kita lihat saja nanti. Keputusan rapat internal partai sudah memutuskan demikian,” kata Sekretaris F-Demokrat Solo, Supriyanto.

Salah satu kriteria yang disyaratkan F-Demokrat, calon Wawali yang diajukan bukan dari parpol. Alasannya, biar benar-benar bersikap secara profesional dan tidak mencampur adukkan dengan kepentingan partai.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge