0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Beli Pakaian Dalam, Tapi kok Uangnya Palsu

Kasubag Humas Polres Sragen, AKP Sri Wahyuni (dok.timlo.net/agung)

Sragen – TS (34), warga Dukuh Gadingrejo RT 08, Desa Karanganyar, Kecamatan Sambungmacan, Sragen digelandang ke kantor polisi setelah membeli pakaian dalam di Pasar Tangen. Perempuan yang berprofesi sebagai makelar ini diduga menggunakan uang palsu (Upal) untuk membeli barang-barang kebutuhan sehari-hari.

Peristiwa ini berawal ketika terlapor  yang baru saja mendapatkan uang hasil dari penjualan sepeda motor dengan harga sekitar Rp 9.000.000. Terlapor sendiri mengaku mendapat upal  dari seseorang yang berinisial J dengan terlebih dahulu membeli seharga Rp 2.350.000 dari pembelian itu dia mendapatkan upal senilai Rp 5.000.000. Terlapor juga mengaku dirinya tidak mengetahui kalau uang yang diberikan kepadanya adalah palsu.

“Saya diiming-imingi uang Rp 2.350.000 itu ditukar dengan Rp 5 juta. Saya mau saja karena J meyakinkan itu bukan uang palsu. Dia mengatakan itu berulangkali,” kata terlapor ketika  dijumpai wartawan di Polres Sragen, Senin (14/1).

Terlapor menceritakan, dia sempat menaruh curiga karena uang kertas Rp 50.000 dan Rp 100.000 yang ia terima dari J berbeda dengan uang kertas pada umumnya. Namun, J meyakinkan bahwa uang itu adalah asli, hanya berbeda nomor seri saja. Kemudian oleh terlapor uang tersebut dibelanjakan Sembako, pakaian dan lain-lain di Pasar Tangen dan Pasar Bunder Sragen. Namun, saat membeli pakaian dalam di Pasar Tangen, terlapor ditangkap oleh petugas polisi, Rabu (9/1) sekitar pukul 17.00 WIB.

Kapolres Sragen AKBP Susetio Cahyadi mengatakan, T melanggar pasal 245 KUHP Subsider pasal 26 ayat 1, 2 dan 3 UU RI Nomor 7 Tahun 2011 tentang Mata Uang.

“Anggota Polres Sragen berhasil menangkap tangan pelaku saat berbelanja menggunakan uang yang diduga palsu. Kami berhasil mengamankan uang tunai sebesar Rp 1,1 juta yang diduga palsu dari saku pelaku. Kami masih melakukan penyelidikan lebih lanjut termasuk mengembangkan kasus itu,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge