0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

MICE Masih Jadi Tumpuan Industri Perhotelan

SOLO PARAGON-Suasana di The Coral Restaurant Solo Paragon Hotel and Residences (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Industri perhotelan di Kota Solo hingga kini masih menjadikan meeting, incentive, convention and exhibition (MICE) sebagai tumpuan dalam menggerakkan laju bisnisnya. Ya, tak bisa dipungkiri pasar ini memang terbilang cukup menjanjikan, mengingat Kota Bengawan sudah menjadi alternatif tujuan penyelenggaraan berbagai kegiatan.

Salah satu hotel yang pada 2013 ini masih mengandalkan kekuatan pasar pada sektor MICE, yakni Solo Paragon Hotel and Residences. Predikat Solo sebagai kota MICE-lah yang menurut general manager hotel setempat, Budi Prihardjanto, membuat pihak korporat masih menargetkan pertumbuhan dari sektor tersebut.

Kendati demikian, seiring persaingan yang makin kompetitif, diharapkan dalam beberapa waktu mendatang Solo Paragon tak lagi hanya bertumpu pada MICE, namun pertumbuhan bisnis hotel juga banyak didongkrak dari kunjungan free independent traveler (FIT).

“Solo harapan kami adalah bagaimana membuat kota ini jadi destinasi wisata. Mudah-mudahan dalam satu sampai dua tahun ke depan trafik wisata di Solo bisa meningkat, sehingga hotel tidak hanya bergantung pada MICE,” tandas Budi kepada wartawan di hotel setempat, Senin (14/1).

Adapun di sepanjang 2012 lalu, Solo Paragon Hotel and Residences mampu membukukan okupansi alias tingkat hunian kamar sebesar 59,9 persen. Sementara pada 2013 ini, kinerja hotel diharapkan bisa lebih gemilang lagi, sehingga mampu menorehkan okupansi sebesar 67 persen.

Selain Solo Paragon Hotel and Residences, hotel berbintang lainnya yang juga konsisten mengandalkan MICE dalam mengerek pertumbuhan bisnisnya, yakni Kusuma Sahid Prince Hotel (KSPH). Bahkan, diakui general manager hotel setempat, Purwanto Yudhonagoro, reservasi MICE pada Maret 2013 ini sudah cukup tinggi.

“Maret MICE sudah hampir 50 persen dan saya optimis kondisinya akan jauh lebih baik dari tahun kemarin. Mengingat saat ini asosiasi sudah mulai bersinergi dengan pelaku kepentingan yang lain. Asosiasi sudah bersinergi dengan pemangku pemerintahan juga,” paparnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge