0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Pemilihan Wawali, Fraksi Demokrat Isyaratkan Abstain

Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPRD Solo, Supriyanto (Dok.Timo.net/Daryono)

Solo – Meski belum diketahui siapa calon wakil walikota (Cwawali) yang bakal diajukan ke DPRD Solo, Fraksi Partai Demokrat mengisyaratkan abstain dalam pemilihan Wawali nanti. Sikap tersebut diambil jika dua Cawawali yang diajukan tidak sesuai kriteria Fraksi Demokrat.

“Kemarin malam (11/1) kami sudah rapat di DPC. Salah satunya adalah membahas sikap kami nanti pada pemilihan Wawali. Yang jelas kami akan melihat, calon yang ada nanti sesuai dengan kriteria kami atau tidak. Kalau tidak sesuai, ya sangat memungkinkan untuk abstain,”ungkap Sekretaris Partai Demokrat Solo, Supriyanto, Senin (14/1).

Keriteria yang dimaksud, sambung Supriyanto, pertama, seorang wawali haruslah profesional. Artinya wawali berasal dari kalangan nonparpol. Menurutnya, Wawali harus benar-benar mengabdi kepada masyarakatnya. Kedua, Wawali yang akan dipilih oleh fraksinya harus berpendidikan. “Ya minimal S1 lah,” terangnya.

Jika menelisik dari kriteria yang diungkapkan Partai Demokrat itu, maka besar kemungkinan fraksi partai oposisi ini akan abstain nantinya. Hal ini mengingat dari enam Cawawali, sebagaian besar sudah mengantongi Kartu Tanda Anggota (KTA) PDIP.  Sebut saja Achmad Purnomo dan Hilmy Ahmad Sakdillah. Jika dari Fraksi Partai Demokrat nantinya memilih abstain maka itu berarti tujuh suara akan hilang. Sebab Fraksi Partai Demokrat sendiri memiliki tujuh kursi di DPRD Solo.

Lebih jauh, Supriyanto mengatakan sebagai pimpinan dewan, pihaknya juga belum mengetahui terkait rencana agenda pemilihan Wawali nantinya. “Selama ini belum ada komunikasi kok dari PDIP. Ya itu kan menjadi hak mereka,” paparnya.

Namun, menurutnya, apapun itu, komunikasi politik sangat penting. Terlebih DPRD merupakan lembaga politik. “Ya, jangan ego, jangan merasa tidak membutuhkan yang lain,” tutur Wakil Ketua DPRD ini.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge