0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Waduk Lalung Nyaris Jebol, Ribuan Warga Ketar-ketir

Perbaikan Waduk Lalung (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar — Setelah seminggu longsor didiamkan tanpa ada perbaikan, kini satu alat berat begho didatangkan oleh Balai Besar Wilayah Bengawan Solo (BBWS) guna memperbaiki tanggul yang longsor 21 meter dan terancam jebol.

Waduk Lalung mengalami longsor pada tanggul penahan air sepanjang 21 meter dengan kedalaman sekitar 8 meter menyebabkan jarak dengan mulut tanggul penahan air bagian dalam hanya 2 meter saja sehingga berpotensi jebol sangat tinggi.

Meski dilakukan perbaikan tanggul terhadap penahan air sisi luar waduk Lalung yang longsor seminggu lalu, tetap saja kekhawatiran tanggul jebol tetap ada. Pasalnya bibir tanggul sisi luar yang jebol dengan tanggul sisi dalam hanya berjarak 2 meter saja, sementara volume air terus bertambah seiring semakin tingginya curah hujan akhir-akhir ini.

Dari pantauan di lokasi, Senin (14/1) menunjukkan hingga sekarang tanggul yang jebol masih ditutup terpal belum tergarap. Sementara itu wilayah Karanganyar setiap hari selalu hujan dan diperkirakan butuh waktu lama sekitar 2 bulan untuk memperbaiki tanggul tersebut karena tidak tertutup kemungkinan tanggul bagian lain berpotensi longsor juga.

Terpisah, salah satu warga, Tarno mengatakan, warga mulai khawatir jika ancaman tanggul jebol terjadi sewaktu-waktu akan menggenangi ribuan rumah di pemukiman padat. “Kami merasa khawatir jika tanggul tidak segera diperbaiki, volume air semakin tinggi, kemungkinan jebol semakin besar,” tandasnya.

Sementara itu PPKOM selaku pejabat pembuat komitmen Waduk Lalung, Sumarno dari Balai Besar Wilayah Bengawan Solo tidak dapat dihubungi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge