0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Lagi, Balekambang Gelar Opera Budaya Nusantara

Solo — Setelah sukses dengan Opera Budaya Nusantara berjudul “Hilangnya Selendang Bidadari”, kini Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Balekambang, bakal menampilkan kembali Opera Budaya Nusantara pada pertengahan bulan Februari mendatang.

Terkait masalah waktu, Kepala UPTD Balekambang Endang Sri Murniyati, mengaku belum memastikannya. Namun, karena acara ini mengarah sebagai sarana hiburan rekreasi keluarga, hari Minggu tetap dipilih untuk pelaksanannya. Sedangkan untuk lakonnya, Endang menjelaskan bahwa akan mengangkat cerita “Malin Kundang” yang berasal dari Sumatera Barat.

Pemilihan cerita Malin Kundang sendiri tentunya memiliki maksud tersendiri. Selain, ingin mengenalkan kembali cerita Malin Kundang yang kondang sebagai cerita rakyat, lakon Malin Kundang juga memiliki nilai edukasi yang tinggi.

“Untuk penyelenggaraannya masih kita pertimbangkan. Kalau tidak tanggal 10 Februari ya 17 Februari. Kalau dipilihnya cerita ini, karena cerita ini memberikan nilai didik pada anak agar selalu menghormati orangtua dan tidak durhaka seperti tokoh Malin Kundang,” jelas Endang, Senin (14/1).

Penggarapan Opera Budaya Nusantara kali kedua ini akan dilakukan oleh Sanggar Pincuk Balekambang yang melibatkan 40 anak. Kostum yang akan dikenakan yakni kostum karnaval Green Fashion. Kostum ini merupakan kostum yang berbahan lurik dan dipadukan dengan bahan-bahan alam. Selain kostum Green Fashion, juga akan ada kostum tradisi yang ikut mewarnai.

Pertunjukan yang mengisahkan anak durhaka bernama Malin Kundang yang akhirnya dikutuk oleh ibunya ini akan dikemas dalam durasi pementasan 1,5 jam. Persiapan pun sudah dilakukan saat ini, setiap hari Minggu mereka rutin menjalankan latihan menyambut penyelenggaraan tersebut.

“Selain opera Malin Kundang juga akan ada performance musik dan tari. Musiknya nanti dari perkusi ada campuran seruling dan alat musik lain,” ungkap Aris Saputro selaku pembina Sanggar Pincuk.

 

 

 

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge