0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dikpora Solo Kirim Surat Edaran ke Sekolah

Mendikbud Larang Tes Calistung dalam PPDB SD

Kepala Bidang (Kabid) Pendidikan Dasar (Dikdas) dan Anak Usia Dini (AUD) Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo, Supraptiningsih (dok.timlo.net/niza novita)

Solo — Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kota Solo bakal mengeluarkan surat edaran (SE) dan membagikan ke semua Sekolah Dasar (SD), terkait dikeluarkannya peraturan larangan sekolah memberlakukan tes membaca, menulis dan menghitung (Calistung) dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SD oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud).

Kepala Bidang Pendidikan Dasar dan Anak Usia Dini (Dikdas AUD) Dikpora Solo, Supraptiningsih, menjelaskan surat edaran itu akan dikeluarkan setelah ada koordinasi dengan Kepala Disdikpora. Selain itu pihaknya juga akan melakukaan pembinaan kepada semua SD negeri dan swasta terkait larangan tersebut. ”Larangan (tes Calistung dalam PPDB SD) tersebut sudah kami terima pada hari Minggu (13/1) kemarin,” katanya, Senin (14/1).

Sebelum diterbitkannya larangan tersebut sebetulnya di tahun lalu Disdikpora telah menerapkan aturan itu. Namun pada kenyataanya masih ada beberapa sekolah tak mematuhi aturan. Menurutnya, proses pelajaran Calistung dimulai saat SD. Jika sejak TK anak sudah diajari Calistung maka yang terjadi siswa akan merasa jenuh ketika menerima pelajaran di SD.

“Alasan Calistung jadi jalur seleksi agar siswa mudah mengikuti pelajaran, itu tidak bisa diterima,” paparnya. Ditambahkan, dalam hal ini sekolah hanya cukup melakukan seleksi berdasarkan umur dan domisili siswa.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge