0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DKK Sukoharjoa Lakukan Fogging

Ratusan Warga 3 Kecamatan Kena Chikungunya

Kepala DKK Sukoharjo, dr Guntur Subiyantoro (Dok. Timlo.net/ Sahid)

Sukoharjo —  Sekitar 100 warga di 3 keecamatan di Sukoharjo, meliputi Kecamatan Bulu, Tawangsari dan Weru dilaporkan menderita Chikungunya. Wabah Chikungunya menyerang warga sejak 2 minggu terakhir.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sukoharjo, dr Guntur Subiyantoro, Senin (14/1) menuturkan, laporan yang masuk ke DKK per 14 Januari 2013, sudah ada 100 warga yang menderita Chikungunya. Jumlah tersebut tersebar di 3 kecamatan, diantaranya di Desa Tawang (Weru) ada 54 warga, Desa Kamal (Bulu) ada 10 warga, Desa Pojok (Tawangsari) 17 warga, Grajegan (Tawangsari) 6 warga, Watu Bonang (Tawangsari) 8 warga, dan Pundungrejo (Tawangsari) 5 warga.

“Penderita Chikungunya terus bertambah. Dilaporkan sudah ada 100 warga di 3 kecamatan yang menderita Chikungunya. Wabah ini memang sangat didukung dengan cuaca seperti saat ini, dan ditularkan melalui gigitan nyamuk. Meski tidak menyebabkan kematian, namun penderita mengalami nyeri di seluruh persendian yang mengakibatkan susah bergerak,” ujar dr Guntur.

DKK  Sukoharjo sudah melakukan pemetaan dan penyelidikan epidomologi (PE) di wilayah-wilayah yang terdapat penderita Chikungunya. Secara bertahap DKK melakukan fogging, serta sosialisasi Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN) dan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di wilayah tersebut.

“Kita sudah lakukan pemetaan PE dan fogging di wilayah yang terdapat penederita Chikungunya. Radius terbangnya nyamuk berjarak 200 meter. Sehingga dalam 200 meter itu yang kita lakukan fogging,” imbuh Guntur

 



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge