0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Weleh! Orang Meninggal kok Suruh Milih Gubernur

Ketua Panwaskab Wonogiri, Tulus PE (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Panwaskab (Panitia Pengawas Kabupaten) Wonogiri melalui Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) dan PPL (Panitia Pengawas Lapangan) mulai melaksanakan tugas pengawasan atas daftar pemilih Pilgub 2013.

Dan hasil sementaranya, ternyata ditemui beberapa ketidakcocokan data. Daftar pemilih Pilgub 2013 tercantum dalam DP4 (Data Penduduk Potensial Pemilih Pemilu. Daftar ini merupakan data pra DPS (Daftar Pemilih Sementara). Di Wonogiri dari DP4 diketahui jumlah pemilih mencapai 987.846 jiwa. Lantaran belum bersifat final, dilakukan Coklit (pencocokan dan penelitian).

“Finalnya ada di DPT (Daftar Pemilih Tetap), saat ini kami melakukan pengawasan DP4. Tapi ada banyak temuan ketidakcocokan data. Seperti orang yang sudah meninggal atau telah pindah alamat, tapi masih saja dimasukkan dalam daftar,” ujar Ketua Panwaskab Wonogiri, Tulus PE di ruangannya, Senin (14/1).

Ketidakcocokan ini menurutnya, ada di sejumlah kecamatan. Meski belum masuk secara keseluruhan, ada beberapa Panwascam yang telah mengirimkan laporan. Seperti Kecamatan Sidoharjo dengan 24 temuan.

Sementara itu, Ketua KPUD (Komisi Pemilihan Umum Daerah) Wonogiri, Joko Purnomo mengujarkan, untuk keperluan coklit, pihaknya telah menerjunkan PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih). Dan kepada mereka dihimbau bekerjasama secara aktif dengan perangkat terbawah, RT dan RW. Mereka-mereka itulah yang mengetahui kondisi riil masyarakat.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge