0271-626499 redaksi.timlo@gmail.com
Timlo.net

Pemulihan Lereng Merapi

Pemkab Klaten Berencana Tanam Ribuan Pohon

Klaten – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Klaten berencana menanam ribuan bibit pohon untuk memulihkan lereng Merapi di wilayah Balerante, Kecamatan Kemalang.

Di Klaten, Desa Balerante merupakan kawasan terparah yang terkena erupsi Merapi. Hal itu yang menjadi prioritas pemkab untuk dihijaukan kembali.

Asisten II Sekda Klaten, Edy Hartanta, mengatakan, secepatnya akan dilakukan penanaman bibit pohon secara massal dengan dibantu warga setempat. “Itu untuk pemulihan lahan agar kembali produktif,” ujarnya kepada wartawan, Kamis (23/12).

Edy menambahkan, penyediaan bibit serta pelestarian tanaman secara tehnis akan ditangani Badan Lingkungan Hidup (BLH) serta Dinas Pertanian (Dispertan). Pemulihan lahan itu mencakup penanaman kembali pohon-pohon serta bantuan bibit untuk petani. “Pemulihan lahan itu sangat penting selain rehabilitasi rumah warga yang rusak,” ungkapnya.

Kepala BLH Klaten, Bambang Agoestiono, mengatakan, untuk tahap awal, dana pemulihan lahan itu senilai Rp 200 juta. Dan berlanjut ketahap berikutnya dengan dana sekitar Rp 173 juta. Sedangkan dana APBD 2011 saat ini masih digodok di DPRD.

Dari dana sekian itu nantinya diwujudkan dalam bentuk penanaman bibit pohon. Misalnya pohon mangga, cengkih serta durian. “Nantinya hasil itu akan bisa dinikmati masyarakat setempat,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge