0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ini Dia! 6 Cara Sehat Memasak Sayuran

()

Timlo.net — Sayuran adalah salah satu makanan tersehat. Mereka mengandung vitamin, mineral dan zat lain yang dibutuhkan tubuh untuk kinerja yang maksimal dan daya tahan tubuh yang kuat. Semakin banyak orang makan sayur secara teratur, semakin kecil resiko mereka terkena penyakit berbahaya seperti serangan jantung, diabetes tipe 2 dan beberapa jenis kanker.

Jadi kenapa banyak orang tidak makan sayur secara teratur? Salah satu alasannya adalah memasak sayuran kelihatannya rumit.

Sebenarnya tidak perlu demikian. Ada berbagai cara memasak sayuran yang baik dan mudah. “Saya kira kebanyakan ahli gizi akan setuju bahwa cara apapun untuk memasak sayuran bisa diterima selama Anda makan banyak sayuran,” kata Jeannie Gazzaniga-Moloo,RD, seorang juru bicara nasional untuk American Dietetic Association and Instructor di Universitas Negara California, Sacramento, AS. Tentu saja ada satu teknik yang harus dihindari yaitu memasak dengan minyak goreng berlebih.

Berikut enam cara memasak sayuran yang mudah dan sehat, dilansir dari WebMD.com:

Ditumis dengan metode Sautéing

Kata sauté datang dari kata Perancis yang berarti “melompat.” Kata ini mengacu pada cara makanan ditambahkan ke wajan panas yang diolesi minyak panas cenderung meletup atau  “melompat”. Menumis dengan metode sautéing dilakukan dengan cepat dan mudah serta dengan minyak yang sedikit. Sayuran yang ditumis dengan metode ini masih mempertahankan kandungan vitamin dan mineral juga rasa dan warna. Metode ini cocok dilakukan pada sayuran lembut seperti asparagus, baby artichokes, bawang merah, jamur, lada manis, snow pea, dll.

Potong sayuran kecil-kecil supaya panas bisa merata dengan cepat. Panaskan wajan terlebih dahulu dalam suhu yang tinggi. Tambahkan minyak sedikit. Tunggu minyak mendidih lalu tambahkan sayuran di atasnya. Waktu memasak tergantung pada kelembutan yang diinginkan.

Tumis dengan metode stir-frying

Stir-frying sangat mirip dengan metode sautéing dengan dua perbedaan yang besar. Stir-frying dilakukan dengan suhu yang sangat panas dan sayuran yang ditumis harus terus diaduk untuk menghindari sayuran itu meleleh dan lengket. Stir-frying sering dilakukan di sebuah wok, wajan tradisional Cina. Tapi kita bisa melakukannya di wajan manapun asal ketebalannya cukup untuk mendistribusikan panas secara merata.

Untuk menambah manfaat dua metode ini kita bisa mengganti minyak goreng biasa dengan minyak yang tahan panas tinggi seperti minyak canola.

Merebus sayuran

Seperti sautéing, merebus adalah cara yang mudah dan cepat. Bila Anda ingin mempertahankan rasa dan kerenyahan sayuran seperti brokoli atau kacang buncis, tunggu sampai airnya mendidih. Masukkan sayuran dan rebus dalam waktu yang singkat.

Cara lain adalah memasukkan sayuran sebelum air mendidih. Teknik ini cocok digunakan untuk kacang kering, kentang dan tanaman lain yang perlu direbus dalam waktu lama untuk bisa matang.

Tambahkan garam di air yang mendidih untuk meningkatkan rasa sayuran. Tapi jangan terlalu banyak. Sayuran tidak seharusnya berasa asin. Dan tentunya garam berlebih bisa meningkatkan resiko tekanan darah tinggi.

Memanggang sayuran

Memanggang sayuran seperti asparagus, labu atau bawang merah sangat mudah. Hanya tinggal menaruh sayuran yang ingin dipanggang ke dalam nampan, tambahkan sedikit minyak sayuran dan taruh di dalam oven dengan suhu 400 derajat. “Oven bersuhu tinggi untuk memanggang sayuran dan daging dalam waktu singkat dan membuat gula menjadi karamel di permukaan menciptakan rasa yang manis dan renyah,” kata Scott Samuel, seorang koki dan instruktur di Culinary Institute of America di Greystone.

Memanggang sayuran bisa mempertahankan tidak hanya kandungan vitamin dan mineral tapi juga rasa yang bisa hilang bila direbus.

Mengukus sayuran

Mengukus sayuran adalah cara memasak yang sehat. Mengukus mempertahankan kandungan vitamin dan mineral. Tidak seperti sautéing, mengukus tidak memerlukan minyak, jadi bisa menjadi sebuah cara yang baik untuk menyiapkan sayuran jika Anda ingin mengurangi asupan kalori. Sayuran terbaik untuk dikukus adalah brokoli, wortel, bloemkol, kacang buncis, kangkung dan sayuran lunak lainnya.

Kita bisa menambahkan bumbu aromatik seperti kayu  manis, daun jeruk dan jahe untuk menambahkan aroma dan rasa di dalam sayuran yang dikukus.

Membakar sayuran

Saat cuaca sedang hangat dan cerah, membakar sayuran seperti cara kita membuat ayam bakar bisa menjadi alternatif yang baik. Seperti memanggang, membakar mempertahankan rasa dan membuat lapisan karamel di permukaan sayuran sehingga rasa sayuran manis dan renyah. Membakar adalah cara yang tepat untuk mempersiapkan jagung, zucchini, labu, bawang merah, lada manis, kentang dan sayuran sejenis.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge