0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

RTLH Stabelan Direnovasi Setelah Sertifikasi Lahan Selesai

Solo —  Pemkot sedang memproses sertifikasi tanah pada 36 Rumah Tak Layak Huni (RTLH) yang terletak di Kampung Stabelan Rt 3/7 Banjarsari, Solo. Pasca sertifikasi, di tahun yang sama rumah tersebut akan direnovasi menjadi Rumah Layak Huni (RLH).

Sebelumnya, warga menempati lahan milik keraton Mangkunegaran, atau dalam istilah jawa disebut magersari. Oleh pemkot, status tanah tersebut akan dialihkan menjadi sertifikat hak milik warga.

Untuk pembangunan RLH, telah dialokasikan anggaran senilai Rp 21,131 tiap rumah. “Sumbernya dari Badan layanan Umum Daerah (BLUD), Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat (PNPM) dan Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans),” kata Kepala Bidang (Kabid) Pemberdayaan Masyarakat Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak dan Keluarga Berencana (Bapermas P3AKB) kota Solo, Sukendar Tri Cahyo Kemat kepada wartawan, kemarin.

Konsepnya, masing-masing rumah yang akan dibangun berukuran 3 x 4 meter dengan tinggi dua lantai. Pembangunannya sendiri dimulai setelah proses sertifikasi selesai.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge