0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Banjir di Solo Jadi Poster

Ratusan pelajar melukis banjir untuk dijadikan poster di CFD, Minggu (13/1). (Dok.Timlo.net/ Achmad Khalik)

Solo — Banjir pekan lalu menginspirasi ratusan anak untuk mengikuti Lomba Lukis Poster dengan tema “Nglirik Banjire Solo” di Plasa Siwedari, Minggu (13/11). Dalam kesempatan itu anak-anak yang masih duduk di bangku SMP mencurahkan ide serta gagasan tentang bencana banjir.

Acara yang digelar oleh SMA Muhammadiyah 1 Solo tersebut sebagai wujud edukasi dini kepada anak agar lebih peduli terhadap lingkungannya. Siswi SMP Muhammadiyah 1 Karanganyar, Rosi Rahmawati menggambar poster tentang pesan-pesan yang mengakibatkan bencana banjir, diantara membuang sampah tidak pada tempatnya akan berakibat banjir. Selain itu dalam lukisannya juga mengajak masyarakat untuk lebih melestarikan alam.

“Dalam karya saya ini saya ingin mengajak masyarakat untuk lebih melestarikan alam dan tidak membuang sampah disembarang tempat agar tidak terjadi banjir,” tuturnya.

Berbeda dengan Rosi, Muhammad iqbal Siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta mengatakan dirinya lebih suka mengangkat tentang kebersamaan masyarakat dalam melestarikan lingkungan.

Dengan membersihkan saluran air di sekitar tempat tinggal, lanjut dia, hal tersebut dapat mencegah bencana banjir yang terjadi seperti beberapa waktu yang lalu.

“Bersih-bersih ini merupakan ciri gotong royong, dengan membersihkan saluran air, maka akan membuat saluran air menjadi lancar dan kita akan terbebas dari banjir,” ujarnya.

Koordinator acara, Triyanto mengungkapkan, acara tersebut sengaja digelar di tengah-tengah Car Free Day (CFD) agar masyarakat juga ikut melihat tentang slogan, saran serta akibat yang ditimbulkan oleh banjir dari hasil karya anak-anak tersebut. Selain itu, juga sebagai penanaman rasa kecintaan terhadap lingkungan dan pencegahan bencana banjir sejak usia dini.

“Kalau sejak dini sudah diajarkan untuk mencintai lingkungan, kelak bencana apapun akan bisa terhindar,” ungkapnya.

Selain menggelar Lomba Poster tentang banjir, acara tersebut juga dimeriahkan dengan musik band serta fashion show dari SMA Muhammdiyah 1 Solo.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge