0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Koperasi Serba Usaha Kembangkan Sayap ke Swalayan

MADINAMART-Minimarket Madinamart yang merupakan unit usaha KSUS BMT Al Madinah. Sebagaimana minimarket lainnya, Madinamart juga menawarkan aneka kebutuhan pokok masyarakat (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Koperasi Serba Usaha Syariah (KSUS) BMT Al Madinah rupanya berhasil mencetak pertumbuhan usaha yang cukup spektakuler. Betapa tidak, baru sekira dua tahun beroperasi, koperasi yang membuka layanan di kawasan Jajar, Laweyan ini kini telah berhasil mengembangkan sayap ke bisnis swalayan.

Dari sisi aset, diakui Ketua Pengurus KSUS BMT Al Madinah, Haryadi Hidayat, hingga akhir Desember 2012 lalu koperasi telah membukukan aset sebesar Rp 1,8 miliar. Selanjutnya, sebagai upaya untuk melayani anggota secara lebih optimal, BMT Al Madinah pun mendirikan minimarket dengan nilai investasi sebesar Rp 350 juta.

Dengan mengibarkan bendera ‘Madinamart’, minimarket yang resmi dioperasikan pada Sabtu (12/1) ini, siap melayani kebutuhan anggota dengan menawarkan aneka jenis produk kebutuhan rumah tangga.

“Ini dalam upaya untuk melayani anggota, mengingat kami punya binaan sekitar 300 warung kecil. Ini juga sebagai pilot project (proyek rintisan-red) untuk membangun KSU,” terang Haryadi, di sela-sela acara pembukaan minimarket Madinamart.

Lantaran telah memiliki segmen pasar tersendiri, Madinamart pun diyakini bakal bisa bersaing dengan sejumlah kompetitor sejenis yang lebih dulu ada. Apalagi produk yang ditawarkanpun dibanderol dengan harga yang cukup kompetitif.

“Hampir semua produk ada di sini dan kami siap bersaing karena punya segmentasi pasar sendiri, terutama masyarakat sekitar dan anggota binaan. Harapan kami nilai transaksi setidaknya bisa mencapai Rp 5 juta perhari,” pungkas Haryadi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge