0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Muluskan Cawawali, Fraksi PDIP Lakukan Lobi

Ketua Komisi IV DPRD Solo, Teguh Prakosa (dok.timlo.net/Niza)

Solo – Diperkirakan dalam waktu yang tidak lama lagi, rekomendasi dua nama calon wakil walikota (Cawawali) Solo bakal turun. Menyikapi hal itu, Fraksi PDIP DPRD Solo mulai melakukan komunikasi politik kepada fraksi-fraksi lain.

Ketua Fraksi PDIP Solo,  Teguh Prakosa mengatakan dengan komunikasi politik yang dilakukan, pihaknya berharap proses pemilihan wawali di DPRD nanti dapat dilakukan melalui mufakat. “Kami sebagai fraksi telah melakukan komunikasi politik dengan fraksi-fraksi lain. Sebab dalam pemilihan wawali di DPRD nanti kami berharap dapat dlakukan dengan musyawarah mufakat,” kataya, Jumat (11/1).

Diterangkan, dengan telah dilakukannya fit and proper test kepada enam Cawawali oleh DPP PDIP, maka dalam waktu yang tidak lama lagi, siapa dua nama Cawawali yang direkomendasikan akan segera diketahui. “Nantinya yang jelas dari DPP akan turun dua nama dari enam calon yang sudah diproses,” ujarnya.

Selanjutnya, kata Teguh, dua nama tersebut akan diajukan ke DPRD Solo. Dari dua nama tersebut tentunya akan dipilih salah satunya. “Nah, untuk proses di DPRD, tentunya dari DPC sudah menyerahkannya ke fraksi. Dan langkah kita adalah dengan melakukan komunikasi politik itu. Semua welcome kok,” tuturnya.

Namun, hal berbeda diungkapkan fraksi-fraksi di DPRD Solo. Mereka mengaku belum ada komunikasi politik yang dilakukan Fraksi PDIP terkait Cawawali. “Belum diajak komunikasi sama sekali soal  Cawawali. Bahkan, kami tidak tahu prosesnya. Kok sampai kemudian muncul tujuh, muncul enam, nanti berapa lagi, itu kami tidak tahu. Padahal masyarakat banyak yang tanya. Lha kami juga bingung, mosok sebagai lembaga dewan, soal demikian tidak tahu, kan lucu? Padahal memang tidak tahu,” ungkap Sekretaris Fraksi PKS, Abdul Ghofar Ismail.

Hal yang sama diungkapkan  Fraksi Partai Demokrat yang mengatakan belum ada komunikasi yang dilakukan PDIP. “Belum, belum ada. Ya tidak tahu. Ya kalau kami, ya tinggal lihat saja nanti calonnya seperti apa. Sesuai ya dipilih, tidak ya sudah,” ujar anggota Fraksi Partai Demokrat yang juga Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto.

Serupa, Ketua Fraksi PAN Umar Hasyim mengatakan secara resmi belum ada komunikasi yang dilakukan.“Secara kelembagaan, komunikasi itu belum dilakukan. Kalau hanya ngobrol-ngobrol, dengan ketua Fraksi PDIP sih ya pernah menyinggung soal wawali,” tuturnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge