0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PMI Surakarta Bakal Bangun Griya PMI Lansia

Gedung PMI Kota Surakarta di Jl Kol Sutarto, Jebres (dok.timlo.net/facebook pmi)

Solo — Setelah membangun Griya PMI Peduli, PMI Kota Surakarta bakal mengembangkan pelayanan dengan membangun Griya PMI Lansia. Pembangunan griya yang bakal menampung lansia itu akan dibangun satu lokasi dengan Griya PMI Peduli di Mojosongo, Jebres.

“Hasil rapat minggu lalu, karena tanah yang di Mojosongo, tempat dibangunnya Griya PMI Peduli itu masih 3000 meter, maka kami kepengin melakukan pelayanan baru kepada eyang-eyang kita, eyang kakung, eyang putri. Hal ini karena sesuai SK Presiden pun di setiap kota harus terbentuk lansia sehat ,” kata Sekretaris PMI Kota Surakarta, Sumartono Hadinoto kepada Timlo.net, Sabtu (12/1).

Pihak PMI Surakarta sudah membentuk tim dan sudah belajar terkait pengelolaan griya Lansia antara lain ke Yogyakarta. “Kemarin kami sudah ke griya Lansia milik pemerintah DIY yang ada di Kaliurang. Ternyata lansia itu persoalannya macam-macam. Ada yang di rumah tidak ada temannya, karena anggota keluarganya sibuk. Ada yang tidak cocok dengan keluarganya. Jadi, orang tua itu ternyata banyak masalahnya,” jelasnya.

Dari hasil belajar itu, diketahui pula pelayanan Lansia tidak harus Lansia datang ke Griya Lansia. “Nantinya ada dua pelayanan yang dikembangkan Griya PMI Lansia yaitu pelayanan yang dititipkan di griya dan pelayanan home car dengan mendatangi ke rumah lansia, karena kita kan punya ambulans. Jadi nanti bisa ke rumah, memberikan layanan psikologis dan layanan kesehatan,” ungkapnya.

Lebih jauh, Sumartono menargetkan awal tahun depan, Griya PMI Lansia tersebut selesai dibangun. “Kepada masyarakat yang mau berbagi bisa menghubungi PMI. Mengingat biayanya, kan butuh dana yang tidak sedikit,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge