0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Dinas Pendidikan Sukoharjo Tahan Anggaran RSBI

SMP Negeri 3 Sukoharjo yang sebelum ini menjadi RSBI (dok.timlo.net/sahid b dutanto)

Sukoharjo —  Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo masih menahan anggaran untuk Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) sebesar Rp 1,18 milliar. Pencairan anggaran tersebut tidak dilakukan menyusul keputusan Mahkamah Konstitusi (MK) terkait pembubaran RSBI.

Kabid SMP/SMA/SMK Dinas Pendidikan Kabupaten Sukoharjo, Dwi Atmojo Heri, mengatakan, setelah keputusan MK terkait pembubaran RSBI, belum ada petunjuk yang mengarah pada penggunaan anggaran yang telah di persiapkan. Dana yang dipersiapkan untuk RSBI diambil di anggarkan melalui APBD. Selain itu, RSBI juga mendapatkan bantuan dari Pemerintah Pusat.

“Dana untuk RSBI sudah terlanjur dianggarkan dari APBD kemarin. Saat ini belum kita cairkan menyusul keputusan MK yang menghapus RSBI. Pasca keputusan itu belum ada petunjuk terkait anggarannya. Jadi dana tersebut masih kita tahan,” ujar Dwi atmojo Heri, Jumat (11/1).

Heri menjelaskan, dana dari APBD sebesar Rp 1,18 milliar tersebut dialokasikan untuk SMP Negeri 1 Sukoharjo, SMP Negeri 3 Sukoharjo dan SMA Negeri 1 Sukoharjo.masing-masing setiap tahun mendapat jatah berbeda. Untuk jenjang SMP mendapatkan Rp 250 juta dari Provinsi dan Rp 140 juta dari Kabupaten. Sementara jenjang SMA mendapatkan jatah Rp 200 juta dari Provinsi dan Kabupaten.

“Anggaran sebesar Rp 1,18 milliar itu terdiri dari APBD Provinsi Rp 700 juta, dan APBD Kabupaten Rp 450 juta. Kalau untuk bantuan dari Pemerintah pusat kita kurang tahu jumlahnya. Karena langsung ditransfer ke masing-masing sekolah,” jelas Heri.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge