0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

FBI: Matikan Program Java!

Timlo.net — Karena adanya cacat keamanan program Java yang serius, FBI dan Departemen Keamanan Dalam Negeri Amerika Serikat (AS) meminta para pengguna komputer di negara mereka untuk mematikan atau menguninstall program Java.

Para hacker bisa menginstall software jahat, memperburuk cacat keamanan untuk melakukan pencurian identitas atau menyebar “botnet.”

“Cacat di Java 7 memungkinkan seorang penyerang dari jarak jauh untuk menjalankan kode semau mereka tanpa ijin dalam komputer yang rawan,” demikian peringatan yang diposting Kamis (10/1) oleh US Computer Emergency Response Team (CERT).

Ratusan juta pengguna komputer pribadi dan bisnis mungkin bisa terkena dampaknya.

“Perhatikan bahwa aplikasi yang menggunakan konten web Internet Explorer seperti Microsoft Office atau Windows Desktop Search, mungkin juga bisa digunakan sebagai vektor serangan untuk cacat ini,” tambah peringatan tersebut dilansir dari USA Today.

Departemen Keamanan AS masih belum menemukan solusi praktis untuk masalah ini.

Java dikembangkan oleh Sun Microsystems, yang dibeli Oracle di 2010. Belum ada keterangan kapan update keamanan tersedia dan Oracle belum memberikan komentar.

Program Java membuat para programmer bisa menulis software menggunakan sebuah set kode tunggal yang akan berjalan di hampir semua komputer.

Apple dilaporkan telah mematikan plug-in Java 7 yang terinstall di Mac. Firefox juga dilaporkan telah mematikan plug-in ini di browser mereka.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge