0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Tertular Flu Burung, Warga Diimbau Jaga Kebersihan

Pengambilan sampel darah itik yang mati di Bugel, Polokarto, Sukoharjo (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo — Warga Kampung Gedangan Desa Bugel Kecamatan Polokarto yang kontak langsung dengan itik di wilayah tersebut, diimbau untuk menjaga kebersihan guna mencegah penularan virus H5N1 menular ke manusia. Bahkan warga juga diimbau menggunakan masker dan sarung tangan saat mendekat ke area kandang itik.

“Kami himbau warga yang kontak langsung dengan itik harus menjaga kebersihan untuk mencegah tertular virus H5N1. Meski kecil kemungkinan menular ke manusia, namun hal itu patut di waspadai. Warga harus gunakan kaos tangan dan masker saat berada dekat dengan itik,” tegas Kepala UPTD Pos Kesehatan Hewan, Ngatmini.

Selain itu, warga diwajibkan mencuci tangan memakai sabun setelah melakukan kontak langsung dengan itik. Virus Avian Influenza pada umumnya menular melalui udara. Sehingga pencegahannya dengan menggunakan masker serta menerapkan kebersihan.

“Virus ini sama dengan flu yang dialami manusia. Menular lewat udara dan kontak langsung. Sehingga warga harus benar-benar menjaga kebersihannya. Kandang juga harus sering dibersihkan setelah penyemprotan disenfektan,” tutur Ngatmini.

Saat ini pemerintah tengah membuat vaksin pencegahan Virus H5N1 jenis terbaru. Vaksin tersebut rencananya akan dibagikan pada Februari mendatang. Diharapkan vaksinasi nantinya  dapat mencegah penyebarluasan virus H5N1.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge