0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Sedhekah Wilujengan Kandhang Kebo Kiai Slamet

Sejumlah Orang Doakan Putera PB XIII Cepat Sembuh

Sedhekah Wilujengan Kandhang Kebo Kiai Slamet di Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta Jum'at (11/1). (dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo — Belasan orang dari Paguyuban Solo Kotaku, Solo Rumahku melakukan acara Sedhekah Wilujengan Kandhang Kebo Kiai Slamet, di Alun-alun Kidul Keraton Kasunanan Surakarta, Jumat (11/1).  Acara tersebut dilakukan agar tercipta keselamatan dan kesejahteraan warga Solo.

Dalam ritual tersebut, mereka memberi makan kerbau yang ada di kandang dengan jagung dan ubi diteruskan dengan mengucap doa bersama dengan khusyuk. “Kami melakukan ini dengan harapan agar Solo maupun Indonesia terhindar dari musibah, serta memohon kesejahteraan dan kedamaian,” ungkap Bambang Wirawan selaku pemimpin ritual.

Dijelaskan,  ritual tersebut juga dilakukan sebagai penolak bala terhadap terhadap kejadian-kejadian yang beberapa hari ini menimpa Keraton Kasunanan Surakarta. “Pada kesempatan kali ini kami juga mendoakan agar Gusti Pangeran Haryo (GPH) Mangkubumi (putera Sinuhun Pakubuwono XIII) cepat sembuh setelah kemarin mengalami kecelakaan,” jelasnya.

Ritual ini melibatkan berbagai elemen masyarakat yang peduli dengan budaya dan tradisi. Rencananya, ritual doa bersama ini akan diagendakan secara rutin.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge