0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Itik Bugel Positif Terserang Flu Burung

Pengambilan sampel darah itik yang mati di Bugel, Polokarto, Sukoharjo (dok.timlo.net/sahid b sutanto)

Sukoharjo– Pasca ditemukannya ribuan itik mati di Desa Bugel, Kecamatan Polokarto, Sukoharjo dalam 2 minggu terakhir, petugas dari UPTD Pos Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo langsung mengambil sampel darah itik yang mati untuk di uji di laboratorium, Jumat (11/1).

Meski sampel darah dari itik di wilayah Desa Bugel, Polokarto baru diambil, namun petugas UPTD Pos Kesehatan Hewan Dispertan Sukoharjo menyatakan, itik di desa tersebut positif mengidap virus H5N1 (Flu Burung) klade 2.3.

Kepala UPTD Pos Kesehatan Hewan Dinas Pertanian Kabupaten Sukoharjo, Ngatmini mengatakan, dari gejala yang ditunjukkan itik-itik yang sakit di Desa Bugel, sudah dapat disimpulkan bahwa itik tersebut mengidap virus AI H5N1 Klade 2.3 (Flu Burung yang khusus menyerang itik bukan unggas lainnya).

“Ini positif mengidap virus Avian Influenza H5N1 jenis klade 2.3 atau khusus menyerang itik bukan unggas yang lain. Meskipun begitu yang namanya virus influenza bisa menular kemana saja. Ke manusia juga bisa tergantung kondisi daya tahan tubuh masing-masing,” ujar Ngatmini.

Bersamaan dengan pengambilan sampel darah tersebut, Dinas Pertanian juga memberikan disenfektan ke sejumlah warga Kampung Gedangan dan Desa Bugel, agar segera dilakukan penyemprotan secara masal.

“Kita berikan disenfektan kepada warga, untuk segera dilakukan penyemprotan di kandang dan sekitar rumah. Kita juga berikan stok disenfektan di Desa Bugel. Nanti biar Pemerintah Desa yang menyalurkan kepada seluruh peternak itik di Bugel,” ujar Ngatmini



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge