0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Jamur Ternyata Baik untuk Penderita Diabetes

Jamur tiram (dok.timlo.net/ist)

Timlo.net — Menurut seorang ahli,  ternyata jamur baik untuk penderita diabetes karena makanan ini mengandung sedikit atau hampir tidak mengandung gula.

“Jamur yang liar atau yang dibudidayakan dikonsumsi karena nilai nutrisi mereka. Makanan ini kaya kandungan nutrisi dan baik untuk para penderita diabetes karena tidak memiliki atau hanya memiliki kandungan gula yang sedikit,” kata TN Lakhanpal dari departemen bioscience di Himachal Pradesh University dikutip oleh The Times of India.

Lakhanpal adalah salah satu delegasi di Kongres ke-100 Indian Science yang berakhir pada Minggu (6/1).

Menurut para ilmuwan, jamur juga adalah produk makanan bebas lemak sehingga bermanfaat untuk penderita obesitas juga. “Potensi jamur sebagai neutraceuticals telah muncul sebagai sebuah aspek penting biologi jamur dalam 20 tahun terakhir,” kata Lakhanpal.

Neutraceuticals sendiri adalah istilah untuk makanan yang dianggap memiliki manfaat medis dan kesehatan.  “Juga, semua jamur yang telah diteliti sejauh ini memiliki kandungan yang bersifat menyembuhkan terhadap kanker, HIV dan penyakit mematikan lainnya,” tambahnya

Selain manfaat medis jamur, budi daya jamur juga menyediakan manfaat ekonomis, katanya. “Budidaya jamur adalah industri komersial dan industri rakyat serta bermanfaat bagi masyarakat pedesaan,” tutupnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge