0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ilmuwan Ciptakan Sel Pembunuh Kanker

Seminar Pencegahan dan Penanggulangan Penyakit, dalam Rangka Hari Kartini Kabupaten Sragen. (dok.timlo.net/agung widodo)

Timlo.net—Sejumlah besar sel yang bisa menyerang kanker dan HIV telah berhasil ditumbuhkan di lab dan bisa secara potensial digunakan untuk melawan penyakit.

Sel-sel ini secara alami tumbuh dalam jumlah yang kecil, tapi diharapkan bila orang diberi suntikan berisi sel-sel ini dalam jumlah besar maka bisa mendongkrak sistem imunitas mereka.

Penelitian yang dilakukan ahli Jepang ini diterbitkan dalam jurnal Cell Stem Cell.

Para ahli tersebut berkata bahwa hasilnya sangat menakjubkan, tapi masih dibutuhkan terapi untuk mengecek apakah tindakan ini aman, demikian kutip BBC.

Para ilmuwan ini membiakkan sel darah putih yang dikenal sebagai cytotoxic T-cell, yang bisa mengenali tanda-tanda infeksi atau kanker di permukaan sel. Jika sebuah penanda dikenali, maka sel darah putih tersebut akan menyerang.

Tim peneliti yang berasal dari Universitas Tokyo dan Riken Research Centre for Allergy and Immunology menggunakan teknologi batang sel untuk membuat lebih banyak T-cell.

Salah satu grup mengekstrak T-cell diubah menjadi batang sel, yang bisa secara dramatis meningkatkan jumlah sel saat dikembangkan di laboratorium. Lalu mereka diubah ke T-cell lagi yang seharusnya punya kemampuan untuk menarget kanker atau HIV.

Grup peneliti ini telah membuktikan bahwa mereka bisa memperbanyak sel imunitas tersebut, tapi belum mencoba untuk menyuntikkan sel tersebut ke pasien atau apakah sel-sel ini bisa membuat sebuah perbedaan terhadap penyakit pasien.

Dr Hiroshi Kawamoto, yang turut serta dalam penelitian ini berkata:”Langkah selanjutnya adalah mengetes apakah T-cell ini bisa secara selektif membunuh sel tumor, tapi bukan sel lain di dalam tubuh. Jika memang demikian, maka sel ini bisa digunakan untuk terapi para pasien. Dan hal ini bisa diterapkan dalam waktu dekat.”



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge