0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Meteran PDAM Rusak, Bukan Tanggung Jawab Pemkot Solo

Sidak Komisi II DPRD Klaten dan Pemkab di sumber air Umbul Ingas Cokro, Tulung, Klaten (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Solo — Perbaikan meteran air yang digunakan sebagai pengukur debit air bersih di sumber mata air Cokro, Tulung, Klaten seharusnya bukan menjadi tanggung jawab Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Solo. Pemkab Klaten selaku pemilik aset di sumber mata air tersebut yang harus bertanggung jawab atas kerusakan salah satu alat yang dimilikinya.

Sebelumnya, DPRD Klaten melakukan sinspeksi mendadak (Sidak) di sumber air Cokro, Tulung dan mendapati alat pengukur debit air yang disalurkan ke PDAM Solo sudah rusak. Diduga, kerusakan meteran sudah terjadi sejak 2007 lalu. Oleh DPRD Klaten, Pemkot Solo diminta bertanggung jawab untuk mengganti dengan meteran yang baru.

Atas pernyataan tersebut, Pemkot Solo justru menilai usulan DPRD Klaten sangat tidak relevan. “Yang berkewajiban mengukur berapa yang dipakai itu siapa? Kan yang berkepentingan agar ukurannya tepat adalah mereka (Pemkab Klaten –Red),” kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Solo, Budhi Suharto kepada wartawan, Jumat (11/1).

Budhi menilai, apa yang dilakukan oleh DPRD Klaten justru keluar dari koridor pembahasan pemanfaatan air bersih antara dua wilayah itu. “Kok malah jadi tergiring keluar dari pokok permasalahan?” terangnya.

Sampai dengan saat ini, mediasi antara Pemkot Solo dengan Pemkab Klaten belum membuahkan hasil. Upaya Pemkot dalam meminta kejelasan status air di sumber mata air Cokro pada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng) juga belum mendapat balasan.

Terkait permintaan DPRD Klaten agar PDAM Solo mengganti meteran air yang rusak di sumber air Cokro, Sekda justru menanggapi hal tersebut sebagai upaya untuk mencari kesalahan semata. “Kenapa baru sekarang mempertanyakan itu? Kalau memang rusaknya dari tahun 2007, kenapa baru dipertanyakan sekarang?” jelasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge