0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

RSBI Dihapus, Dispendik Klaten Kesulitan Capai Target

Salah satu sekolah yang menyandang status RSBI di Klaten (Dok.Timlo.net/Indratno Eprilianto)

Klaten – Dinas Pendidikan (Dispendik) Klaten memastikan akan mengalami kesulitan dalam pencapaian target beberapa kegiatan terkait dihapusnya Rintisan Sekolah Berstandar Internasional (RSBI) dan Sekolah Berstandar Internasional (SBI).

“Memang akan kesulitan dalam mencapai target yang sebelumnya telah tertulis dalam Rencana anggaran Pendapatan dan Belanja Sekolah (RAPBS). Kegiatan yang sulit tercapai itu lantaran tidak dianggarkan sebelumnya. Sebab otomatis akan ada kebijakan lain dengan dihapuskannya RSBI ini,” ujar Kepala Dispendik Klaten, Pantoro kepada wartawan, Jumat (11/1).

Terkait kualitas siswa antara yang RSBI dan tidak, menurut Pantoro, siswa RSBI lebih unggul karena ketika masuk nilainya sudah bagus.

“Selama proses pembelajaran jika didukung dengan fasilitas pendukung belajar yang memadai tentu hasilnya akan lain,” katanya.

Disisi lain, Pantoro menjelaskan, pihaknya akan berkoordinasi dengan sekolah dan wali murid terkait siswa yang masuk ke kelas RSBI dan sudah terlanjur membayar. Sedangkan mengenai pembahasan anggaran masih menunggu pusat.

“Yang jelas kami masih menunggu kebijakan lebih lanjut dari pusat. Sebab keputusan MK ini juga baru saja, sehingga masih menunggu proses kedepannya,” ujarnya.

Terpisah, Kepala SMKN 2 Klaten, Wardani Sugiyanto, menambahkan pihaknya tidak akan merubah sistem pembelajar di sekolahnya meski RSBI dihapus. Sebab untuk SMK tidak dibedakan antara kelas RSBI dan reguler.

“Perlakuan terhadap siswa tetap sama. Jadi kami tidak begitu terpengaruh dengan keputusan dihapuskannya sistem RSBI tersebut. Yang pasti kami tetap jalan sebagai salah satu sekolah unggulan,” imbuhnya.

Sementara itu, data dari Dispendik Klaten ada sebanyak sembilan sekolah yang menyandang status RSBI di Klaten. Diantaranya SMPN 2 Klaten, SMAN 1 Klaten, SMKN 1 Klaten, SMKN 2 Klaten, SMPN 1 Delanggu, SDN 1 Bonyokan Jatinom, SMKN 3 Klaten, SMK Muhammadiyah 1 Klaten dan SMKN 1 Trucuk. Sedangkan untuk yang berstatus SBI belum ada.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge