0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Bencana, BNPB Bentuk Relawan Lokal

BPBN (Ilustrasi) (Dok.Timlo.net/ Nanang R)

Karanganyar –- Badan Nasional Penanggulangan Bencana ( BNPB) melalui kepanjangan tangannya yakni Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) akan membentuk relawan lokal dari daerah rawan bencana, agar sewaktu waktu terjadi bencana dapat sesegera mungkin melakukan tindakan penyelamatan di lokasi bencana.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Bantuan Tanggap Bencana BNPB Harmensyah, di sela meninjau lokasi banjir akibat luapan Bangawan Solo di Dusun Daleman, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, Karanganyar mengatakan, pihaknya berharap dengan pembentukan relawan lokal tersebut, para relawan dapat sesegera mungkin melakukan evakuasi penyelamatan kepada para korban bencana karena para relawan ini paling dekat dengan lokasi bencana.

“Dengan pembentukan relawan lokal diharapkan dapat memperkuat daerah kabupaten maupun provinsi tangguh dalam menghadapi bencana,” jelas Harmensyah, Kamis (10/1).

Harmensyah juga menambahkan cuaca ekstrem yang akan melanda wilayah Indonesia sampai akhir Februari mendatang, mau tidak mau kita harus bersiap diri dalam menghadapinya. Salah satunya dengan pembentukan relawan lokal di setiap daerah rawan bencana.

Sedangkan untuk pendanaan operasi penanggulangan bencana BNPB mempunyai alokasi dana siap pakai untuk memberikan bantuan kepada korban bencana. Untuk Jawa Tengah, BNPB mengalokasikan dan sebesar Rp 9 miliar untuk operasi penanggulangan bencana.

“Diharapkan dana yang besar tersebut nantinya tidak ada orang yang terlantar, tidak ada orang yang tidak terselamatkan,” tandasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge