0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Ancaman Lahar Dingin di Kali Woro, Klaten

Dam Ambrol, 2.000 Warga Terancam Lahar Dingin Merapi

Alur Kali Woro, Klaten (Dok.Timlo.net/)

Klaten — Sebanyak 2.000 warga yang bermukim di bantaran Kali Woro di wilayah Kecamatan Manisrenggo, Klaten terancam banjir lahar dingin menyusul adanya kerusakan dam di alur tersebut.

Camat Manisrenggo, Wahyudi Martono, mengatakan Dam Sukorini saat ini dalam kondisi retak dan sebagian ambrol akibat terjangan lahar dingin saat hujan deras sepekan lalu. Kerusakan tersebut tentunya akan menghambat laju aliran lahar dingin saat hujan kembali tiba.

“Jika aliran lahar dingin tersumbat reruntuhan maka tidak menutup kemungkinan aliran akan meluber hingga ke pemukiman penduduk di bantaran Kali Woro,” ujar Wahyudi kepada wartawan, Kamis (10/1).

Wahyudi mengungkapkan, di wilayahnya ada sebanyak 2.000 jiwa warga yang bermukim di sepanjang bantaran Kali Woro. Mereka tersebar di lima desa, yakni Desa Sukorini, Ngemplak Seneng, Sapen, Kecemen dan Borangan.

“Kami sudah berkoordinasi dengan para perangkat desa untuk tetap memantau warganya agar selalu waspada saat hujan deras kembali mengguyur,” kata Wahyudi.

Terpisah, Kabid Rehabilitasi dan Rekonstruksi Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Klaten, Wachju Adi Pratomo, mengatakan pihaknya sudah melakukan pengecekan terkait kerusakan di beberapa Dam di alur Kali Woro, baik yang masuk wilayah Kemalang maupun Manisrenggo.

“Kami sudah mengajukan bantuan perbaikan ke pemerintah pusat terkait kerusakan beberapa Dam di alur Kali Woro. Tapi masih menunggu,” ujarnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge