0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PPL Diharap Benar-Benar Awasi Data Pemilih

Ketua Panwaslu Sragen, Slamet Basuki, memberi pengarahan kepada 210 PPL dalam Pelantikan dan Pembekalan PPL Kabupaten Sragen, kamis (10/1). (dok.timlo.net/agung)

Sragen – Pengwas Pemilu Lapangan (PPL) diharapkan dapat bekerja dengan baik mengawasi pemutakhiran data dalam daftar pemilih sementara (DPS) dalam pemilihan gubernur (Pilgub) Jawa Tengah. DPS yang akan dibuat oleh panitia pemungutan suara (PPS) ini harus sudah selesai pada tanggal 4 Februari mendatang.

“PPL harus segera berkoordinasi dengan PPS dan Panwascam dalam  pembuatan DPS, sebab dalam pengalaman tahun lalu banyak DPS dan DPT (daftar pemilih tetap, Red) yang tidak dikerjakan dengan baik,” kata Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sragen, Slamet Basuki kepada 210 PPL yang baru saja dilantik di Gedung KNPI Sragen, Kamis (10/1).

Slamet mengingatkan, tugas PPL adalah berat, karena mereka langsung bersentuhan dengan masyarakat di tingkat bawah. Untuk itu pihaknya meminta agar PPL yang baru dilantik dapat bekerja sama dengan ketua RT atau petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP, untuk mencocokkan data pemilih.

Ada 3 poin, kata Slamet, yang harus diperhatikan oleh PPL dalam melakukan tugas pengawasan, yakni; bisa memprediksi dengan baik agar seseorang tidak kehilangan hak pilihnya, sesuai yang diatur pasal 115 UU No. 32 tahun 2004. Kemudian proaktif, yaitu dengan cara mendatangi RT dengan menggunakan data yang ada; dan reaktif, jika menemui permasalahan harus segera diselesaikan.

Sementara itu Kepala Badan Kesatuan Bangsa Politik dan Perlindungan Masyarakat (Kesbangpolinmas) Sragen, Suharto yang mewakili Bupati Sragen, Agus Fatchur Rahman, mengatakan, PPL harus bisa memahami tahapan-tahapan Pilgub, sehingga tugas pengawasan yang diberikan dapat dikerjakan dengan baik.

“PPL harus benar-benar mengawasi terhadap tugas yang dilakukan PPS, mulai pembuatan DPS, DPT, penyampaian undangan, kampanye, pencoblosan dan penghitungan suara,” katanya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge