0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Penerimaan Cukai Soloraya Tembus Rp 919,9 Miliar

Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Surakarta (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo — Realisasi penerimaan cukai yang berhasil dibukukan dari sektor industri di kawasan Soloraya terbilang cukup fantastis. Di sepanjang 2012, Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Surakarta mencatat jumlah penerimaan dari cukai mampu tembus di angka Rp 919,9 miliar.

Besarnya pencapaian ini, menurut Kepala Subseksi Pelayanan Informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Surakarta, Edy Tri Gunawan, jauh melampaui target yang ditetapkan semula sebesar Rp 761,06 miliar. Sementara jika dibandingkan pencapaian tahun sebelumnya terdapat kenaikan yang cukup signifikan, mengingat pada 2011 penerimaan dari cukai hanya sebesar Rp 724 miliar.

Kenaikan penerimaan juga terjadi pada bea masuk yang mencapai kisaran Rp 14,6 miliar. Jika pada 2011 jumlah penerimaan dari bea masuk masih di angka Rp 1,495 miliar, namun pada 2012 tercatat sebesar Rp 16,108 miliar.

Besarnya kenaikan jumlah penerimaan, dikatakan pegawai Pelaksana Seksi Penyuluhan dan Layanan Informasi Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Surakarta, Rendy Satya, lebih disebabkan banyak faktor. Seperti peningkatan volume produksi, kemudahan proses impor hingga berbagai bentuk kerjasama perdagangan.

“Penerimaan cukai sejauh ini memang masih didominasi rokok, sisanya baru minuman mengandung etil alkohol (minuman keras) dan etil alkohol,” ungkapnya, ketika ditemui wartawan di kantor setempat, Kamis (10/1).

Sementara itu, adanya penurunan tarif bea masuk atas sejumlah barang impor tidak banyak memengaruhi penerimaan bea masuk. Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai tetap dapat merealisasikan target penerimaan yang ditetapkan di awal tahun.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge