0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DPRD: Semua Gakin Sukoharjo Harus Terkaver Jamkesda

Anggota Komisi IV DPRD Sukoharjo, Mohammad Samrodin (dok.timlo.net/sahid)

Sukoharjo — Anggota Komisi IV DPRD Sukoharjo, Mohammad Samrodin menyayangkan banyaknya keluarga miskin (Gakin) yang tidak masuk dalam kuota Jamkesmas maupun Jamkesda. Hal itu terlihat dari aksi protes dan kekisruhan warga yang terjadi saat pembagian kartu Jamkesmas di sejumlah tempat beberapa waktu lalu.

Menurut Samrodin, pemkab harus bersungguh-sungguh dalam mengkaver Gakin untuk mendapatkan pelayanan kesehatan yang layak. “Seharusnya Ppmerintah memberikan solusi kepada warga kurang mampu yang tidak terkaver dalam data Jamkesmas. Misalnya dengan memasukkannya dalam kuota Jaminan Kesehatan Daerah atau Jamkesda. Sehingga jangan sampai ada Gakin yang tidak terkaver di Jamkesmas atau Jamkesda,” ujar Samrodin, Kamis (10/1).

Samrodin menambahkan, Pemkab Sukoharjo harus melakukan validasi data hingga ke tingkat RT untuk dapat menentukan jumlah Gakin. Dan warga miskin yang tidak terkaver dalam 2 program jaminan kesehatan tersebut diminta untuk dapat disusulkan dalam data Gakin yang dikantongi Pemkab saat ini.

“Saya minta, Pemkab kembali melakukan validasi data hingga ke tingkat RT. Bagi warga yang tidak masuk dalam kuota Jamkesmas maupun Jamkesda untuk dapat disusulkan. Sehingga semua warga miskin dapat terkaver untuk mendapatkan pelayanan kesehatan gratis,” imbuhnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge