0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

DKK Karanganyar: Harus Dikuras Dulu

Kebanjiran, Sumur Tercemar dan Rawan Penyakit

Pasca banjir, warga membersihkan perabot rumah tangga yang sempat terendam (dok.timlo.net/nanang rahardian)

Karanganyar — Dinas Kesehatan Karanganyar (DKK) mensinyalir sumur warga Daleman, Desa Ngringo, Kecamatan Jaten, yang terendam banjir Minggu lalu tercemar. Dikhawatirkan warga yang mengkonsumsi air sumur tersebut rentan terkena penyakit terutama Balita, Lansia dan ibu hamil.

Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan DKK Karanganyar Fatkul Munir mengatakan, pemanfaatan air sumur di kawasan yang pernah terendam banjir tanpa dikuras terlebih dahulu rawan dihinggapi penyakit. Selain warna air yang berubah, rasanya pun jadi tak enak. Pihaknya menghimbau kepada warga agar tidak menggunakan air sumur dulu sebelum dikuras dan diberi disinfektan aatau kaporit.

“Lebih baik mengambil air kepada tetangga atau saudara yang sumurnya tidak terendam banjir dulu, karena sudah tercemar dan rentan menularkan penyakit,” terangnya, Kamis (10/1).

Munir menambahkan, kawasan yang terendam banjir lebih dari 12 jam dinilai sudah tercemar berbagai bakteri. Karena itu warga hendaknya segera membersihkan berbagai perabot yang terkena air banjir agar bakteri-bakteri yang menempel segera hilang.

Lebih lanjut Munir mengatakan, di Dusun Daleman sendiri terdapat 34 Balita, 19 Lansia dan 2 ibu hamil yang sangat rentan terjangkit penyakit, kelompok inilah yang harus mendapatkan perlindungan ekstra.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge