0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Menteri Ekonomi Jerman Sambangi Solo Technopark

Maket Solo Technopark (STP) di kawasan Kentingan, Jebres, Solo (Dok. Timlo.net/Andi Penowo)

Solo – Menteri Kerjasama Ekonomi dan Pembangunan Jerman, Dirk Niebel, Rabu (9/1) ini, melakukan kunjungan kerja ke Kota Solo. Dalam kunjungan singkatnya ini, selain menyambangi Solo Technopark (STP), Pak Menteri juga menyempatkan singgah di Akademi Teknologi Mesin Indonesia (ATMI) Solo dan Museum Batik Wuryoningratan.

Tak bisa dipungkiri, Jerman memang memiliki hubungan erat dengan pemerintah Kota Solo. Negara yang menganut sistem pemerintahan republik parlementer federal ini banyak membantu pengembangan ATMI dan STP.

Hal inilah yang menjadi salah satu alasan Dirk Niebel mengunjungi Kota Bengawan. Agenda utamanya adalah melihat sejauh mana manfaat bantuan yang diberikan pemerintah Jerman bagi pengembangan ekonomi dan teknologi kota setempat.

Di hadapan media, Dirk Niebel menyatakan, pihaknya ingin mengetahui secara langsung sejauh mana pelatihan yang diberikan pada siswa STP. “Kunjungan ini penting untuk melihat langsung bentuk kerjasama Jerman dan Indonesia. Sekaligus melihat peserta pelatihan di sini (STP-red),” katanya.

Sementara saat disinggung perihal peluang kerjasama yang mungkin bisa dilakukan antara Pemerintah Kota Solo dengan Jerman, khususnya bagi pengembangan STP, Dirk Niebel mengaku belum bisa memastikannya. Mengingat kebijakan itu sifatnya government to government (G to G).

Sementara Walikota Solo, Hadi Rudyatmo, dalam kesempatan yang sama berharap ada kesepakatan lagi terkait pola kerjasama yang bisa dilakukan antara Pemerintah Kota Solo dengan Jerman. Khususnya bagi pengembangan STP.

“Harapannya setelah kunjungan Menteri Ekonomi Jerman ini ada kerjasama-kerjasama yang bisa ditindaklanjuti. Termasuk investasi yang akan dilakukan di STP,” tutur dia.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge