0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Tidak Lolos Verifikasi, Panwaslu Panggil PPPI dan KPU

Ketua Panwaslu Sragen, Slamet Basuki (kiri) dan anggota Panwaslu, Mursini (kanan) memberikan keterangan kepada wartawan, Rabu (9/1). (dok.timlo.net/agung)

Sragen — Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Sragen memanggil Dewan Pimpinan Cabang (DPC)  Partai Pengusaha dan Pekerja Indonesia (PPPI) Sragen untuk memberikan klarifikasi terkait tidak masuknya partai tersebut untuk mengikuti Pemilihan Umum (Pemilu) tahun 2014 mendatang.

Ketua Panwaslu Sragen Slamet Basuki mengatakan, pemanggilan terhadap PPPI dilakukan untuk memberikan klarifikasi. Hal ini didasarkan adanya surat permintaan klarifikasi dari Bawaslu Propinsi Jawa Tengah kepada Panwaslu Sragen. Selain PPPI, Panwaslu juga memanggil Komisi Pemilihan Umum (KPU) Sragen untuk memberikan keterangan mengenai proses verifikasi terhadap partai politik yang telah dilakukan dalam rapat pleno terbuka pada Sabtu (29/12/2012) lalu.

“Kami mendapat instruksi dari Bawaslu untuk melakukan klarifikasi kepada PPPI dan KPU, tentang hasil rapat pleno terbuka pada tanggal 29 Desember 2012,” kata Slamet Basuki yang didampingi anggota Panwaslu Sragen, Mursini, di Kantor Panwaslu Sragen, Rabu (9/1).

Slamet menjelaskan, dari keterangan pihak KPU, apa yang dilakukan KPU sudah sesuai dengan petunjuk tekhnis. Namun, dalam rapat pleno tersebut tidak diberi kesempatan waktu. Dengan alasan waktu verifikasi lapangan PPPI tidak mempunyai anggota.

“Sehingga KPU langsung menutup dan PPPI tidak diberi kesempatan waktu. Semua hasil klarifikasi akankami laporkan ke Bawaslu,” tambah Slamet.

Sementara itu Ketua DPC PPPI Sragen Andi Prasetya menyatakan kecewa terhadap verifikasi yang dilakukan KPU Sragen. Menurutnya, waktu verifikasi hanya sehari dan jadwal verifikasi kurang jelas. Inilah yang menyebabkan PPPI terancam gagal untuk ikut dalam Pemilu 2014.

“Kami menyesalkan jadwal verifikasi kurang jelas sehingga tidak tahu kapan giliran PPPI”, katanya usai memberikan klarifikasi.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge