0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rakhmat: KBM RSBI Solo Jalan Terus

Plt Sekda Pemkot Solo, Rahmat Sutomo (dok.timlo.net/niza novita)

Solo —  Siswa yang selama ini bersekolah di rintisan sekolah berstandar internasional (RSBI) diminta untuk tidak resah, tetap tenang dan menjalani kegiatan belajar mengajar (KBM) seperti biasa. Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Rakhmat Sutomo menyusul dibubarkannya RSBI oleh Mahkamah Konstitusi (MK).

Rakhmat menyampaikan, meski status RSBI dihilangkan, namun KBM di sejumlah sekolah yang selama ini berstatus RSBI  tetap jalan terus. “Kepada sekolah-sekolah saya minta agar jangan terpengaruh. Saya minta tetap jalan seperti biasa,” katanya kepada wartawan, Rabu (9/1).

Apa yang diutarakannya bukannya tanpa alasan. Sebab, dalam waktu dekat para siswa akan menghadapi ujian semester. “Karena memang saat ini merupakan saat-saat kritis untuk menghadapi ujian. Yang penting ujian berjalan dengan sukses. Jadi jangan terpengaruh dengan situasi saat ini,” ungkapnya.

Di solo sendiri, terdapat 17 sekolah yang berstatus RSBI. Yakni, terdiri dari 5 SMA, 6 SMK, 4 SMP dan 2 SD.

Terkait langkah selanjutnya, pihaknya masih menunggu instruksi dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). “Petunjuk teknis (juknis) dan petunjuk pelaksanaan (juklak) belum disampaikan. Yang jelas bagi daerah, terutama Solo, prinsipnya bahwa pendidikan iru harus berkualitas dan terjangkau,” terangnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge