0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

PMI Solo Jamin Stok Darah dan Trombosit Aman

Ketua Panitia Imlek Bersama, Sumartono Hadinoto (Dok.timlo.net/achmad khalik)

Solo —  Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta menjamin ketersediaan stok darah selama musim hujan. Pasalnya, saat ini PMI telah memiliki jadwal donor tersendiri terkait ketersediaan darah.

“Biasanya, stok darah menipis saat Desember-Januari, Juni-Juli dan saat bulan Puasa. Hal ini karena mayoritas pendonor PMI adalah anak muda dan mahasiswa yang biasanya pada waktu tersebut sedang liburan kampus,” ujar Sekretaris PMI Kota Surakarta, Sumartono Hadinoto kepada Timlo.net, Rabu (9/1).

Namun, lanjut Sumartono, hal itu tidak menjadi masalah. Pasalnya, pendonor darah PMI saat ini tidak lagi terbatas kalangan mahasiswa. “Selain mahasiswa, kami sudah ada data base pendonor perusahaan, ormas, dan elemen masyarakat lain yang rutin melakukan donor. Jadi, jika suatu organisasi merayakan ulang tahun, kami sudah tahu, tinggal mengingatkan momen itu untuk sekaligus diadakannya kegiatan donor,” bebernya.

Dijelaskan, darah dari hasil donor masyarakat tersebut selama ini mencukupi kebutuhan permintaan darah dari masyarakat.  “Selama 8 tahun ini tidak masalah. Karena memang tugas utama kami adalah menyediakan darah, kalau tugas utama gak beres untuk apa mengurusi yang lain,” terangnya.

Disinggung soal kebutuhan darah di musim hujan, Sumartono mengaku korelasi kebutuhan musim hujan bukan terkait kebutuhan darah tetapi kebutuhan trombosit. “Saat musim hujan, karena banyak yang kena demam berdarah, permintaan trombosit naik,” ungkapnya.

PMI Solo selama ini juga tidak terkendala dengan meningkatnya permintaan trombosit. “Kalau darah itu ibarat es buah, trombosit itu nanasnya. Jadi trombosit dipisahkan dari darah. Selama ini kami masih mampu mencukupi kebutuhan yang ada,” jelas Sumartono.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge