0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Rumah Terendam Banjir, Warga Segera Direlokasi

Anggota TNI berada di tengah genangan air banjir yang menggenangi Gunungan, Pracimantoro, Wonogiri (dok.timlo.net/aris arianto)

Wonogiri — Relokasi warga Dusun Gunungan RT 1/ RW 4 Desa Wonodadi, Pracimantoro, Wonogiri sudah mendekati final. Pemkab Wonogiri mulai menggiatkan pendekatan dengan warga yang rumahnya terendam tersebut.

Direncanakan 5 warga akan direlokasi. Mereka adalah Panto, Wasidi, Wasino, Marmo dan Tarto (Kadus Gunungan). Namun, lokasi bakal tempat baru bagi mereka belum juga ditentukan.

“Kalau warga mintanya lokasi baru tidak jauh dari rumah lama yang terendam. Tapi menurut Kades, ternyata tidak ada tanah yang datar atau agak datar di sekitarnya. Semuanya sudah terisi rumah warga yang lainnya. Jadi masih harus dibicarakan lagi lebih lanjut,” ujar Kabag Kesra Setda Wonogiri, Maryanto di ruang kerja, Rabu (9/1).

Lantaran seperti itulah, relokasi belum bisa dilaksanakan secepatnya. Masih butuh pembicaraan dan perencanaan dengan melibatkan pihak pemerintah desa, pemkab dan BPN (Badan Pertanahan Nasional). Juga butuh persiapan yang matang dari warga sendiri.

“Kalau redaksionalnya nanti warga membuat surat pernyataan minta direlokasi. Surat diketahui desa dan ditujukan ke pemkab Wonogiri, ” lanjut mantan Camat Ngadirojo ini.

Ketika disinggung soal kemungkinan terburuk, yakni tidak juga didapati lokasi sesuai permintaan warga, dirinya mengatakan belum bisa menentukan. Solusi transmigrasi pun dianggapnya merupakan jalan terakhir.

“Pernah ditanyakan ke warga, soal usulan transmigrasi. Tapi warga menolak dan menganggapnya merupakan hal yang paling akhir. Malah kemungkinan besar mustahil dilaksanakan,” pungkas Maryanto.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge