0271-626499 redaksi[at]timlo.net
Timlo.net

Antisipasi Bencana, PMI Solo Gelar Apel Siaga

Palang Merah Indonesia (PMI) Solo menggelar apel kesiagaan bencana, Rabu (9/1). Apel tersebut melibatkan satuan tanggap bencana (satgana) PMI dan unit Korps Sukarelawan Remaja (KSR) dari 14 perguruan tinggi. (dok.timlo.net/daryono)

Solo —  Mengantisipasi bencana di musim hujan, Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Surakarta menggelar apel kesiagaan bencana di Kantor PMI setempat, Rabu (9/1). Apel tersebut melibatkan satuan tanggap bencana (Satgana) PMI dan unit Korps Sukarelawan Remaja (KSR) dari 14 perguruan tinggi.

Dalam apel tersebut disiapkan sejumlah peralatan dan perlengkapan yang digunakan saat penanganan bencana yang dimiliki PMI, diantaranya pelampung, perahu karet, dayung perahu, mesin perahu karet dan beberapa perlengkapan lainnya. Rencanya, apel tersebut akan dilanjutkan dengan latihan penanganan bencana pada esok hari, Kamis  (10/1) pagi, di Waduk Delingan, Karanganyar.

Sekretaris PMI Kota Surakarta, Sumartono Hadinoto mengatakan apel kesiagaan itu sebagai upaya mengantisipasi bencana yang sewaktu-waktu terjadi. “Bencana itu kan terjadinya mendadak. Sementara, saat dadakan (emergency) itu biasanya kan bingung apa yang mau dilakukan. Dengan apel dan latihan ini diharapkan bisa meminimalisir kebingungan,” terangnya.

Dikatakan Sumartono, latihan besok selain mengecek kesiapan personil juga untuk mengecek kesiapan sistem komunikasi dan peralatan. “Ketika terjadi bencana, ada mekanisme komunikasi yang kami bangun. Akan kita lihat besok sejauh mana kecepatan mereka merespon instruksi penanganan bencana. Jadi, yang akan latihan besok tidak kita beritahu terlebih dulu,” ungkapnya.

Lebih jauh, Sumartono mengatakan latihan penanganan bencana itu sebenarnya sudah dilakukan secara rutin. ” Sebenarnya sudah rutin, jadi bukan karena kemarin terjadi banjir. Sudah kami rencanakan sebelumnya, hanya banjirnya saja yang terjadi lebih dulu,” tuturnya.

Disinggung soal armada evakuasi, Sumartono mengaku saat ini PMI Solo memiliki lima mobil ambulans dan satu mobil bak terbuka. “Ambulans ini selalu siaga 24 jam,” pungkasnya.



Komentar Anda

Berita Terkait

loading...
KEMBALI KE ATAS badge